Kompas TV internasional kompas dunia

WHO Yakini Covid-19 di Korea Utara Makin Parah, Minta Pyongyang Buka Akses Informasi

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 09:44 WIB
who-yakini-covid-19-di-korea-utara-makin-parah-minta-pyongyang-buka-akses-informasi
Kepala Keadaan Darurat WHO Mike Ryan. Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengungkapkan keyakinan Covid-19 di Korea Utara Semakin parah, bukan lebih baik, meskipun negara tertutup itu baru-baru ini mengklaim terjadi pelambatan penularan dan penurunan kasus. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV — Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengungkapkan keyakinan Covid-19 di Korea Utara "Semakin parah, bukan lebih baik," meskipun negara tertutup itu baru-baru ini mengklaim terjadi pelambatan penularan dan penurunan kasus, seperti laporan Associated Press, Kamis, (2/6/2022).

Kepala Urusan Darurat WHO Mike Ryan pada briefing kepada media meminta Korea Utara lebih terbuka memberikan informasi lebih lengkap tentang wabah Covid-19 di negara itu, dengan mengatakan "kami punya masalah yang nyata untuk mendapat akses ke data mentah dan informasi tentang situasi aktual di lapangan,"

Ryan mengatakan WHO belum menerima informasi istimewa apa pun tentang epidemi, tidak seperti ketika negara-negara dapat berbagi data yang lebih sensitif dengan WHO sehingga dapat mengevaluasi risiko kesehatan masyarakat bagi komunitas global.

“Sangat, sangat sulit untuk memberikan analisis yang tepat kepada dunia ketika kita tidak memiliki akses ke data yang diperlukan,” katanya.

WHO sebelumnya menyuarakan keprihatinan tentang dampak COVID-19 pada populasi Korea Utara. Negara itu diyakini populasinya sebagian besar tidak mendapat vaksinasi sementara sistem kesehatannya rapuh untuk dapat berjuang menangani lonjakan kasus yang dipicu oleh varian omicron yang sangat menular dan subvariannya.

Ryan mengatakan WHO telah menawarkan bantuan teknis dan pasokan medis kepada pejabat Korea Utara beberapa kali, termasuk menawarkan vaksin Covid-19 setidaknya pada tiga kesempatan terpisah.

Pekan lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan pejabat tinggi lainnya membahas revisi pembatasan anti-epidemi yang ketat, seperti dilaporkan media pemerintah, ketika mereka mempertahankan klaim yang disengketakan secara luas bahwa wabah Covid-19 pertama di negara itu sedang melambat.

Baca Juga: Korea Utara Umumkan Situasi Pandemi Membaik, Pertimbangkan untuk Longgarkan Pengetatan

Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengungkapkan keyakinan Covid-19 di Korea Utara "Semakin parah, bukan lebih baik," meskipun negara tertutup itu baru-baru ini mengklaim terjadi pelambatan penularan dan penurunan kasus. (Sumber: Straits Times)

Diskusi pada pertemuan Politbiro Utara pada hari Minggu menyarankan akan segera melonggarkan serangkaian pembatasan kejam yang diberlakukan setelah mengumumkan wabah pada awal Mei karena kekhawatiran tentang situasi bahan pangan dan ekonominya.

Klaim bahwa Korea Utara berhasil mengendalikan Covid-19 tanpa vaksinasi yang meluas, lockdown atau obat-obatan disambut dengan ketidakpercayaan yang meluas, terutama desakannya bahwa hanya lusinan yang meninggal di antara jutaan yang terinfeksi, tingkat kematian yang jauh lebih rendah daripada yang terlihat di tempat lain di dunia.

Pemerintah Korea Utara menyebutkan ada sekitar 3,7 juta orang yang menderita demam atau suspek Covid-19. Tetapi itu tidak mengungkapkan beberapa detail tentang tingkat keparahan penyakit atau berapa banyak orang yang telah pulih, membuat frustasi upaya para ahli kesehatan masyarakat untuk memahami sejauh mana wabah melanda

“Kami benar-benar akan meminta pendekatan yang lebih terbuka sehingga kami dapat membantu rakyat (Korea Utara), karena saat ini kami tidak dalam posisi untuk membuat penilaian risiko yang memadai dari situasi di lapangan,” kata Ryan.

Dia mengatakan WHO sedang bekerja dengan negara-negara tetangga seperti China dan Korea Selatan untuk memastikan tentang apa yang mungkin terjadi di Korea Utara, dengan mengatakan epidemi di sana berpotensi memiliki implikasi global.

Kritik WHO terhadap kegagalan Korea Utara untuk memberikan lebih banyak informasi tentang wabah Covid-19 bertentangan dengan kegagalan badan kesehatan AS untuk secara terbuka menyalahkan China pada hari-hari awal pandemi virus corona.

Pada awal tahun 2020, kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berulang kali memuji China secara terbuka atas tanggapannya yang cepat terhadap munculnya virus corona, bahkan ketika para ilmuwan WHO secara pribadi menggerutu tentang keterlambatan berbagi informasi di China dan terhentinya pembagian urutan genetik Covid-19.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x