Kompas TV regional berita daerah

Mengenakan Pakaian Adat Ambon, Kakanwil Beserta Jajaran Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 07:04 WIB
mengenakan-pakaian-adat-ambon-kakanwil-beserta-jajaran-ikuti-upacara-hari-lahir-pancasila
Liberti Sitinjak bersama jajaran mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara daring (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Mengenakan pakaian adat Ambon, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak bersama jajaran mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara daring di aula Kanwil, Rabu (1/6/2022).

Upacara ini dipusatkan di Lapangan Pancasila Ende, Kel. Kotaraja, Kec. Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin, dan pimpinan lembaga negara serta pihak lain yang ditentukan oleh Badan Ideologi Pembinaan Pancasila.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara.

"Pancasila telah mempersatukan kita dan sebagai penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Ini telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan dan Indonesia tetap kokoh dengan landasan pancasila," ungkap Presiden Joko Widodo.

Presiden menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk betul-betul mengamalkan dan mengimplementasikan pancasila dalam tata kelolah pemerintahan serta menjiwai pancasila sebagai anak bangsa. "Pancasila dijadikan sebagai ideologi dalam bekerja sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah Indonesia," Kata Joko Widodo.

Terakhir, Presiden mengajak para pemimpin bangsa dan pejabat pemerintah serta semua elemen untuk menjadi contoh dalam mengimplementasikan nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju.

Upacara yang digelar di aula Kanwil Sulsel ini juga diikuti Kadiv Administrasi Sirajuddin, Kadiv Pemasyarakatan Suprapto, dan Kadiv Yankumham Nur Ichwan yang masing-masing mengenakan pakaian adat bugis. Sedangkan Kadiv Keimigrasian Jaya Saputera mengenakan pakaian Adat Betawi. Jajaran pejabat struktural Kanwil Sulsel juga turut hadir pada upacara ini.



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x