Kompas TV nasional hukum

Dihadiri Presiden Jokowi, Polda Metro Siapkan 1.700 Personel pada Ajang Balap Formula E Jakarta

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 17:13 WIB
dihadiri-presiden-jokowi-polda-metro-siapkan-1-700-personel-pada-ajang-balap-formula-e-jakarta
Presiden RI Joko Widodo berkunjung mengecek kondisi pembangunan Sirkuit Ancol buat Formula E 2022, Senin (25/4/2022). (Sumber: Dok. PPID DKI Jakarta )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menyiapkan 1.700 personel untuk pengamanan acara balap Formula E di sirkuit Jakarta International E-Prix (JIEC) pada Sabtu (4/5/2022) menyusul bakal hadirnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada balapan tersebut.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Kombes Pol Marsudianto menjelaskan, pengamanan yang dilakukan Polda Metro Jaya akan berfokus di ring dua JIEC. 

Untuk pengamanan di dalam sirkuit, panitia sudah menyiapkan petugas pengamanan dari Security Group Artha (SGA).

Baca Juga: Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Selama Perhelatan Formula E

Sedangkan ring satu yakni area dalam JIEC Ancol, akan dilibatkan dari TNI, khususnya Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

"Kami sudah menyiapkan personel sebanyak 1.700 untuk pengamanan terutama di ring dua," kata Marsudianto, Rabu (1/6/2022).

Lebih lanjut Marsudianto menjelaskan saat acara berlangsung Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan yakni dengan pengalihan arus sebagai pengamanan Presiden Jokowi saat menghadiri Formula E.

Baca Juga: Parkiran Ancol Disiapkan Khusus untuk Presiden Jokowi Saat Ajang Formula E

Nantinya satu jam jelang kehadirian Presiden Jokowi ke sirkuit JIEC, kendaraan dengan muatan besar yang mengaspal di Jakarta Utara akan dihentikan dan dialihkan. 

"Nantinya kendaraan-kendaraan besar, terutama kontainer akan kami hentikan sampai Presiden
selesai kegiatan dari sini, baru kita buka kembali, untuk sementara saja," ujar Marsudianto.

Data panitia yang diterima Polda Metro Jaya jumlah penonton yang akan menghadiri ajang balap Formula E mencapai 20 ribu orang. 

Baca Juga: 18 Pembalap dan Ratusan Kru Formula E Tiba di Jakarta

Pihaknya juga telah melakukan pengecekan dan sterilisasi area VVIP, tempat Presiden dan tamu undangan lainnya menyaksikan balapan mobil listrik Formula E.

Diagendakan Presiden Jokowi akan memberi sambutan sekaligus membuka acara balap Formula E. 

"Insya Allah hadir (presiden), dari Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini (area VVIP), nanti akan disiapkan di sini," ujar Marsudianto.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x