Kompas TV nasional kesehatan

Marshanda Idap Tumor Payudara, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 13:19 WIB
marshanda-idap-tumor-payudara-kenali-gejala-dan-penyebabnya
Marshanda mengumumkan dirinya mengidap tumor payudara. (Sumber: Instagram/@marshanda99)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar kurang mengenakkan datang dari artis Marshanda yang mengumumkan dirinya mengidap tumor payudara.

Dalam video yang dibagikan di akun Instagramnya, Marshanda mengaku siap menghadapi apapun yang terjadi.

“Jika aku akan sembuh, aku akan sembuh, jika aku akan terus sakit, aku tidak takut, aku akan berjuang, karena aku terlahir sebagai pejuang,” kata Marshanda, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Idap Tumor Payudara, Marshanda: Gue Pengen Dikenang sebagai Lover dan Healer

Dalam video tersebut, Marshanda tidak menyebutkan tumor payudaranya termasuk jinak atau ganas. Namun, belajar dari Marshanda, mari kenali gejala dan penyebab tumor payudara.

Melansir Kompas.com, Senin, Dokter Spesialis Bedah di RS Brayat Minulya Surakarta, dr. Yudit Anastasia Sari, M. Biomed, SP.B, mengatakan tumor payudara khususnya yang jinak adalah benjolan di payudara yang tidak terbentuk dari sel ganas dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

Umumnya, tumor payudara jinak tidak berbahaya nyata bagi pengidapnya. Kendati demikian, ada gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai.

Gejala tumor payudara jinak

Setidaknya ada tiga gejala tumor payudara jinak yang cukup berbeda dengan kanker payudara. Berikut ciri-ciri yang patut diwaspadai.

1. Saat diraba, terasa kenyal dan lunak

Benjolan yang terdapat pada tumor payudara umumnya memiliki konsistensi yang kenyal serta lunak. Berbeda dengan kanker payudara yang memiliki konsistensi keras dan padat.

2. Benjolan mudah digerakkan

Benjolan pada tumor payudara biasanya mudah digerakkan saat disentuh atau ditekan. Adapun benjolan kanker payudara lebih konsisten karena sudah menyatu dengan jaringan di sekitarnya.

3. Batas tepi benjolan jelas

Jika kanker payudara memiliki benjolan yang tidak jelas, tumor payudara memiliki batas yang jelas dengan jaringan di sekitarnya sehingga benjolan tersebut lebih terasa berbeda saat diraba.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x