Kompas TV nasional politik

Hasto Sebut PDIP Tidak Khawatir Sejumlah Parpol Sudah Berkoalisi, Ini Alasannya

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 09:13 WIB
hasto-sebut-pdip-tidak-khawatir-sejumlah-parpol-sudah-berkoalisi-ini-alasannya
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) tidak merasa khawatir dengan langkah sejumlah partai politik yang mencoba membangun koalisi untuk menghadapi Pemilu 2024.

Sebab berkaca dari pemilu yang telah berlangsung, kerja sama politik tidak hanya berdasarkan kesamaan ideologi, historis, dan platform partai.

Tapi, juga tentang siapa calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung dalam Pemilu Presiden 2024.

Demikian Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/5/2022).

“Selama hal tersebut belum ada suatu kesepahaman bersama, dan masih menunggu aspirasi rakyat terhadap calon pemimpin kita dalam Pemilu 2024 yang akan datang, ruang membangun kerja sama itu masih begitu besar,” ucap Hasto.

Baca Juga: PDIP Bantah Ada Keretakan Hubungan Jokowi-Megawati

“Dan PDIP Perjuangan tetap pada keyakinannya bahwa skala prioritas saat ini untuk rakyat,” kata Hasto.

Di samping itu, kata Hasto, bagi PDI Perjuangan kerja sama partai politik harus melihat akar dan tujuan dalam membawa kemajuan dari Indonesia Raya.

Maka itu, Hasto mengatakan fokus PDI perjuangan saat ini adalah menyatu bersama rakyat untuk bersama-sama bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

“Melihat dampak pandemi begitu terasa di kalangan rakyat, PDI Perjuangan mendorong agar prioritas utama saat ini bagi kita adalah menyatu bersama rakyat agar dampak pandemi itu bisa bepat kita atasi,” kata Hasto.

“Mengingat tahapan pemilu cukup lama, dan setelah itu baru kita kristalkan seluruh konsepsi kerja sama untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.

Baca Juga: Soal Reshuffle, PDIP Tegaskan Semua Partai Harus Siap Segala Kondisi

Sebagaimana diberitakan, sejumlah partai politik yang mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf mulai merapatkan diri dalam bentuk koalisi.

Seperti halnya Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan yang menamai koalisinya sebagai Koalisi Indonesia Bersatu.

Belum diketahui bagaimana komposisi Koalisi Indonesia Bersatu untuk pilpres 2024, tapi koalisi ini terbuka terhadap parpol lain untuk bergabung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x