Kompas TV olahraga kompas sport

Resmi, Nomor 46 Milik Rossi Dipensiunkan dari MotoGP

Kompas.tv - 28 Mei 2022, 19:46 WIB
resmi-nomor-46-milik-rossi-dipensiunkan-dari-motogp
Valentino Rossi saat tampil di GP Indonesia 1997 bersama tim GP 125cc, Aprilia, dan berhasil keluar sebagai pemenang. (Sumber: TOSHIFUMI KITAMURA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

TOSKANA, KOMPAS.TV - Nomor 46 milik Valentino Rossi resmi dipensiunkan menjelang kualifikasi MotoGP Italia 2022.  

MotoGP memensiunkan nomor ikonik milik Rossi lewat sebuah upacara yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Sabtu (28/5/2022) sore WIB yang merupakan venue MotoGP Italia.

Rossi yang merupakan pemilik 9 gelar juara dunia, hadir di lokasi didampingi oleh CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dan Presiden FIM Jorge Viegas.

Rossi disambut oleh para penggemarnya yang membawa bendera dengan warna khas sang pembalap, yaitu kuning dan bertuliskan nomor 46. 

Selain itu, beberapa pembalap juga terlihat menyaksikan acara tersebut seperti Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, dan duo Suzuki Ecstar Alex Rins serta Joan Mir. 

Baca Juga: Souvenir Valentino Rossi Masih Diincar Penggemar Moto GP

Diketahui, nomor 46 sudah dipakai Rossi selama 26 musim di dunia balap MotoGP. Rossi memutuskan gantung helm atau pensiun pada akhir musim lalu dan ia menutup kariernya dengan finis ke-10 di MotoGP Valencia 2021. 

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Rossi sudah meraih 115 kemenangan, dan 235 podium di semua kelas. Serangkaian prestasi tersebut membuat Rossi mendapat anugerah legenda MotoGP. Gelar itu diberikan di Valencia pada November tahun lalu. 

"Saya rasa hal paling positif dalam karier saya adalah banyak orang mulai mengikuti MotoGP untuk mengikuti karier saya dari awal dan olahraga ini menjadi lebih besar, lebih terkenal di Italia juga di seluruh dunia," ujar Rossi dikutip Reuters, Sabtu (28/5/2022).

Sebelum pensiunnya nomor 46 milik Rossi, sudah ada nomor lain yang dipastikan hilang dalam MotoGP.

Diantaranya nomor 58 milik Marco Simoncelli, 69 milik Nicky Hayden, dan 34 milik Kevin Schwantz.

Baca Juga: Resmi jadi Sponsor MotoGP, Logo MS Glow for Men akan Terpampang di Motor Tim Gresini Racing!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x