Kompas TV olahraga kompas sport

Tokyo Verdy Lepas Pratama Arhan ke Timnas Indonesia untuk Tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 14:23 WIB
tokyo-verdy-lepas-pratama-arhan-ke-timnas-indonesia-untuk-tampil-di-kualifikasi-piala-asia-2023
Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, bergabung dengan klub Jepang, Tokyo Verdy. (Sumber: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Klub Liga Jepang, Tokyo Verdy, mengumumkan akan melepas Pratama Arhan ke Timnas Indonesia yang akan bertanding di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dalam rilis resmi klub, Jumat (27/5/2022), Tokyo Verdy mengatakan bahwa Arhan menjadi salah satu pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan digelar di Kuwait pada Juni.

"Dengan bangga kami umumkan bahwa Arhan dari Tokyo Verdy telah terpilih sebagai anggota tim nasional Indonesia untuk kualifikasi final Piala Asia AFC 2023 yang akan diadakan pada bulan Juni," bunyi pernyataan klub yang bermain di J-League 2, kasta kedua kompetisi di Jepang.

Kepastian datangnya Pratama Arhan ke Timnas Indonesia ini tentu sangat dinantikan oleh Shin Tae-yong.

Apalagi dalam 29 nama pemain yang dipanggil untuk melakoni laga uji coba melawan Bangladesh, praktis hanya Moh Edo Febriansyah pemain yang mempunyai posisi asli di bek kiri.

Selain Edo, Alfeandra Dewangga juga bisa menempati posisi tersebut, seperti yang dia tunjukkan saat membela Timnas U23 di SEA Games 2021 lalu.

Arhan sendiri absen membela Timnas U23 di SEA Games setelah tak dilepas oleh Tokyo Verdy karena bukan agenda resmi FIFA.

Baca Juga: Shin Tae-yong Malu Timnas Indonesia Batal Latihan Gara-Gara Stadion Belum Di-booking

Selain itu, mantan pemain PSIS Semarang itu juga mengaku ingin beradaptasi lebih lanjut agar bisa mendapatkan kesempatan bermain di tim utama Tokyo Verdy.

Namun selama kurang lebih 3 bulan berada di Jepang, Arhan sama sekali belum pernah masuk susunan line up inti Tokyo Verdy untuk pertandingan.

Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh pada laga uji coba yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022).

Laga uji coba tersebut menjadi persiapan terakhir sebelum skuad Garuda berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni.

Pada babak Kualifikasi Piala Asia 2023 itu, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal.

Evan Dimas dan kawan-kawan akan memulai perjuangan untuk meraih satu tiket ke Piala Asia 2023 dengan melawan Kuwait pada 8 Juni, lalu bentrok dengan Yordania pada 11 Juni dan terakhir ditantang Nepal pada 14 Juni.

Dalam babak terakhir kualifikasi ini, hanya juara dari enam grup dan lima runner-up terbaik yang akan lolos ke Piala Asia 2023.

Baca Juga: Panggil Kembali Stefano Lilipaly, Shin Tae-yong Ingin Cari Formasi Terbaik Timnas Indonesia

Baca Juga: Ada Elkan Baggott dan Pratama Arhan, Ini 29 Pemain Timnas Indonesia untuk Lawan Bangladesh



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x