Kompas TV regional berita daerah

Simpatisan ISIS Yang Ditangkap di Kota Malang Adalah Mahasiswa UB

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 20:33 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Identitas simpatisan ISIS, IA, yang ditangkap oleh Densus 88 di Kota Malang, Senin (23/05/2022) terungkap. 

IA diketahui merupakan mahasiswa aktif Universitas Brawijaya Malang. Melalui konferensi pers Rabu (25/05/2022), Universitas Brawijaya Malang melalui Wakil Rektor III, Profesor Abdul Hakim, membenarkan informasi tersebut. IA merupakan mahasiswa aktif jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmub Sosial dan Poltiik UB.

"Yang bersangkutan mahasiswa angkatan 2019, semester enam. Kami tentunya sangat prihatin dan menyayangkan peristiwa tersebut. Bagaimanapun itu mahasiswa kami" terang Hakim.

Pihak UB mengklaim bahwa kampus rutin memberikan pembekalan deradikalisasi pada seluruh mahasiswa baru.

"Agar mahasiswa tidak terlibat dalam gerakan radikalisme atau sejenisnya, sudah dilakukan melalui program wawasan kebangsaan terhadap mahasiswa baru" tambahnya.

Sementara itu terkait pertimbangan memberi bantuan hukum, pihak UB sendiri masih melakukan pendalaman, terkait jenis atau tindakan yang dilakukan. Karena tindakan tersebut di luar aktivitas akademik dan kemahasiswaan yang resmi.

Sebelumnya Densus 88 menangkap seorang terduga teroris di sebuah rumah kos di Kota Malang. Densus 88 mengungkapkan bahwa IA terlibat dalam kegiatan mengumpulkan dana, untuk membantu kegiatan ISIS di Indonesia.

IA juga mengelola media sosial untuk menyebarkan materi-materi ISIS terkait tindak pidana terorisme.

#simpatisanisis #mahasiswaub



Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x