Kompas TV internasional kompas dunia

Waduh, Newsticker BBC Sebut Manchester United Sampah, Ada Apa?

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 21:49 WIB
waduh-newsticker-bbc-sebut-manchester-united-sampah-ada-apa
Newsticker BBC (bawah) menampilkan kalimat Manchester United sampah ketika siaran langsung tentang tenis, Selasa (24/5/2022). (Sumber: Tangkapan layar Twitter)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - BBC meminta maaf usai secara tak sengaja menyiarkan teks 'Manchester United sampah' pada newsticker programnya, Selasa (24/5/2022).

BBC menyebut tulisan itu berasal dari seseorang yang sedang belajar mengoperasikan newsticker.

Kalimat 'Manchester United sampah' itu muncul dalam program BBC News yang tengah siaran tentang tenis, sekitar pukul 09.00 atau 10.00 waktu London.

Tak lama kemudian, presenter BBC, Annita McVeigh, meminta maaf kepada suporter Manchester United yang mungkin merasa diejek oleh newsticker tersebut.

Baca Juga: Man United Lolos ke Liga Eropa Musim Depan Berkat Bantuan Tim Lain

McVeigh menyatakan, kesalahan ini terjadi karena seseorang di BBC tengah belajar mengoperasikan newsticker dan 'menulis hal-hal acak' sebagai proses belajar.

Selain menyebut Manchester United sampah, newsticker latihan itu juga sempat memuat pesan 'cuaca hujan di mana-mana.'

“Tadi, sebagian kamu mungkin melihat sesuatu yang sangat tak biasa di newsticker yang muncul di bawah layar dengan bunyi berita yang berkomentar tentang Manchester United. Saya harap fans Manchester United tidak terhina olehnya,” kata McVeigh dikutip The Guardian.

“Izinkan saya menjelaskan apa yang terjadi: di balik layar, seseorang sedang berlatih bagaimana cara menggunakan newsticker dan memasang teks ke newsticker, jadi dia sekadar menulis hal-hal acak sesuai keinginan mereka dan komentar itu (Manchester United sampah) muncul.”

“Maaf jika kamu melihatnya dan merasa terhina jika kamu seorang suporter Manchester United. Tentunya, itu adalah kesalahan dan tidak dimaksudkan untuk ditampilkan. Jadi itulah yang terjadi, kami pikir sebaiknya menjelaskan apa yang terjadi kepada kalian,” pungkas McVeigh.

BBC juga turut merilis pernyataan resmi untuk menyampaikan permohonan maaf terkait newsticker tersebut. 

“Terdapat glitch teknis ketika (operator) newsticker kami sedang berlatih, yang mana bocor ke program siaran langsung selama beberapa detik. Kami minta maaf atas setiap keresahan yang ditimbulkan,” demikian tulis pernyataan BBC.

Tangkapan layar newsticker latihan BBC itu dibagikan ke media sosial dan ramai ditanggapi warganet. Umumnya, warganet menanggapinya dengan santai dan berseloroh bahwa BBC tak perlu minta maaf karena 'menyampaikan fakta.'

Baca Juga: BBC Hentikan Sementara Kerja Jurnalistik di Rusia usai UU Kriminalisasi Jurnalisme Konflik Disetujui


 




Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x