Kompas TV bbc bbc indonesia

Abdul Somad Ditolak Singapura sebab Dinilai 'Sebarkan Ajaran Ekstremis dan Segregasi', Apa Maknanya?

Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:36 WIB
abdul-somad-ditolak-singapura-sebab-dinilai-sebarkan-ajaran-ekstremis-dan-segregasi-apa-maknanya
Ustaz Abdul Somad (Sumber: istimewa)

Penulis : Redaksi Kompas TV

Penolakan pemerintah Singapura atas penceramah populer Abdul Somad ke negeri mereka 16 Mei lalu mendapat sorotan masyarakat dan reaksi beragam dari sejumlah pihak.

Namun ada yang "bisa diambil sebagai pelajaran" dari insiden ini.

Staf khusus Menteri Agama RI, Ishfah Abidal Aziz, mengatakan makna yang bisa dipetik dari peristiwa itu adalah penceramah agama "perlu menjaga dan berhati-hati dalam hal melakukan kegiatan keagamaan, atau menyampaikan pandangan-pandangan keagamaan, utamanya terkait dengan kehidupan berbangsa dan bernegara".

Dia mengungkapkan Kementerian Agama sudah memiliki program penguatan kapasitas dan kompetensi penceramah agama, sehingga mereka diharapkan "bukan hanya bicara soal narasi-narasi keagamaan, tapi juga harus diselaraskan dengan komitmen kebangsaan".

Ahmad Nurcholish dari Pusat Studi Agama dan Perdamaian (ICRP) mengatakan pelajaran penting dari Singapura itu adalah pemerintah "harus tegas" dan "punya hak melakukan tindakan protektif" atas pihak yang ucapan-ucapannya dinilai "sudah mengancam persatuan dan kesatuan bangsa".

Baca juga:

Sebelumnya, pemerintah Singapura memaparkan alasan mengapa Abdul Somad dan rombongan perjalanannya ditolak masuk, salah satunya karena dia "dikenal menyebarkan ajaran ekstremis dan segregasi, yang tidak dapat diterima di masyarakat multi-ras dan multi-agama Singapura".

Abdul Somad sendiri menegaskan dia dan rombongannya ke Singapura bukan untuk acara pengajian atau tablig akbar, melainkan untuk berlibur.

Dia mengaku tidak mendapat penjelasan dari petugas Singapura yang menolaknya masuk.

Situasi itulah yang membuatnya menuntut penjelasan dari Singapura.




Sumber : BBC

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x