Kompas TV regional berita daerah

Pemprovsu Pastikan Pasokan Hewan Kurban Aman

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:13 WIB

Penulis : KompasTV Medan

MEDAN, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, memastikan stok hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha pada Juli mendatang aman, meski penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak telah menyebar di Sumatera Utara.

Setidaknya terdapat 17.000 ekor sapi siap potong di Sumatera Utara, namun karena penyebaran wabah PMK pada ternak telah menyebar di Sumatera Utara, pemerintah saat ini mempercepat pengumpulan sampel dan menghimbau kepada seluruh peternak untuk segera melakukan isolasi kepada ternaknya jika terindikasi terpapar PMK. 

Selain itu berbagai larangan dan syarat tambahan juga diberlakukan untuk penyediaan hewan kurban seperti larangan perdagangan antar provinsi, hingga mewajibkan pemeriksaan fisik pada ternak sebelum melakukan pengiriman ke Sumatera Utara.

Di Sumatera Utara sendiri terdapat sembilan belas ekor sapi yang dinyatakan positif terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku yang tersebar di Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang.(*)

#iduladha #hewankurban #pmk #antisipasiwabah #langkat #deliserdang #sumaterautara #sumut #medan #beritamedan #beritadaerah

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x