Kompas TV religi beranda islami

Empat Amalan Pasca Ramadan agar Tetap Istikamah Ibadah dan Dekat dengan Allah

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 17:05 WIB
empat-amalan-pasca-ramadan-agar-tetap-istikamah-ibadah-dan-dekat-dengan-allah
Ilustrasi doa. berikut ini amalan pasca Ramadan yang bisa dilakukan (Sumber: Faseeh Fawaz/Gulf News)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Berikut ini merupakan beberapa amalan pasca Ramadan yang baiknya dilakukan Istikamah agar ibadah kita tidak terasa turun, meskipun bulan suci umat Islam tersebut sudah pergi.

Dosen Agama Islam Universitas Indonesia, Alhafiz Kurniawan, menilai ada semacam kekhawatiran dalam masyarakat ibadahnya menurun pasca Ramadan.

“Karena nggak ada momentumnya. Setidaknya pada ramadhan, ada anjuran salat malam, salat  tarawih misalnya. Sedangkan di bulan lain tidak ada anjuran itu. Jadi kelihatan malam bulan lain kurang syiar ibadah,” paparnya kepada KOMPAS.TV, Jumat (20/5/2022).

Ia pun menjelaskan, kelihatan ibadah menurun pasca Ramadan karena memang pada bulan biasa amalan ibadah tidak dianggap nilainya sebesar bulan Ramadan yang memang dilipatgandakan. 

“Ini memotivasi semangat ibadah masyarakat. Di bulan lain hanya waktu-waktu tertentu saja pahala dilipatgandakan,” tandasnya.

Untuk itulah, ada baiknya melakukan amalan pasca Ramadan agar senantiasa istikamah dan ibadah, serta yang paling penting, kita bisa senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan soal Tips dan Amalan Ringan agar Terhindar dari Neraka

Empat Amalan Pasca Ramadan

Pertama, Jangan Lalai Salat 5 Waktu

Jika pada Ramadan tiba kita senantiasa salat tepat waktu, maka sebaiknya dilanjutkan.

Hal ini bisa jadi amalan Pasca Ramadan yang istikamah dilakukan. Apalagi, dalam Islam, memelihara salat wajib yang lima waktu adalah kewajiban.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x