Kompas TV olahraga kompas sport

Prediksi Frankfurt vs Rangers: Siapa Jadi Juara Europa League?

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 21:11 WIB
prediksi-frankfurt-vs-rangers-siapa-jadi-juara-europa-league
Foto ilustrasi. Seorang suporter Glasgow Rangers yang datang ke Sevilla, Spanyol untuk menyaksikan partai final Europa League antara Eintracht Frankfurt vs Rangers, Kamis (19/5/2022) dini hari waktu Indonesia. (Sumber: Angel Fernandez/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

SEVILLA, KOMPAS.TV - Kompetisi UEFA Europa League telah mencapai babak final yang mempertemukan Eintracht Frankfurt vs Glasgow Rangers.

Partai final UEL ini dijadwalkan di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Kamis (19/5/2022) pukul 02.00 WIB nanti.

Frankfurt berhak lolos ke final usai menghajar Barcelona di babak semifinal. Sedangkan Rangers membungkam RB Leipzig di babak semifinal lalu.

Frankfurt dan Rangers diketahui sudah lama tidak mencicipi kejayaan Eropa. Karena itu, kedua pihak tentu ingin merasakan momen langka sebagai jawara Eropa pada edisi kali ini.

Pencapaian terbaik Frankfurt adalah menjadi juara Piala UEFA (kompetisi pendahulu Europa League) pada 1980 silam. 

Selain itu, Frankfurt juga pernah lolos ke final Liga Champions, menjadi runner-up usai kalah 7-3 dari Real Madrid pada 1960.

Baca Juga: 4 Fakta Penting Jelang Frankfurt vs Rangers di Final Liga Europa 2021-22

Menariknya, waktu itu, Frankfurt lolos ke final usai membungkam Rangers di semifinal. Frankfurt menang agregat 12-4 atas Rangers saat itu.

Di lain pihak, pencapaian terbaik Rangers di kompetisi Eropa adalah memenangkan Piala Winners 1972. Dalam tiga kesempatan lain, The Gers kalah di final kompetisi UEFA.

Terkini, kekalahan final Rangers diderita di Piala UEFA 2007/08 silam. Waktu itu, The Gers terpaksa tunduk kepada Zenit St. Petersburg.

Jelang laga ini, selain perburuan kejayaan Eropa yang langka, kedua tim juga hendak mengobati kekecewaaan dari kompetisi domestik.

Di ajang Bundesliga Jerman, Frankfurt hanya berhasil finis di peringkat 11, mundur jauh dari musim lalu ketika mereka sukses mengunci peringkat kelima.

Sementara itu, di ajang Liga Skotlandia, Rangers terpaksa merelakan gelar direbut oleh musuh bebuyutannya, Glasgow Celtic.

Celtic berhak menjadi juara karena unggul empat poin dari Rangers di klasemen akhir.

Pelatih Frankfurt Oliver Glasner menegaskan, kedua tim berhak berada di final Europa League. Pelatih asal Austria ini menyebut Rangers akan menjadi lawan yang tangguh.

“Untuk Rangers, saya melihat campuran West Ham dan Barcelona. Pengaruh pelatih kepala asal Belanda (Giovanni van Bronckhorst) dalam permainan build-up mereka, juga mentalitas Britania. Kami butuh performa top (untuk final),” kata Glasner dikutip laman resmi UEFA Europa League.

Baca Juga: SEA Games 2021: Bungkam Vietnam dan Singapura, Timnas MLBB Indonesia Juara Grup B


 



Sumber : Kompas TV, uefa.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x