Kompas TV religi beranda islami

Cerita Gus Baha, Ketika Ulama Mengelabui Setan Waktu Ibadah Salat

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 08:11 WIB
cerita-gus-baha-ketika-ulama-mengelabui-setan-waktu-ibadah-salat
Cerita Gus Baha soal ulama yang mengelabui setan waktu salat, siapa dia? (Sumber: Situs Resmi NU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  KH Bahaudin Nursalim atau biasa disapa Gus Baha mengisahkan sebuah kisah unik tentang setan dan ulama ketika waktu ibadah salat.

Setan yang bertugas menggoda manusia suatu ketika, kata Gus Baha, dapat kelebui oleh ulama.  

Ulama itu bernama Imam Abu Hanifah, ulama besar pendiri mazhab Hanafi yang dianut oleh sebagian besar penduduk muslim dunia.

“Setan itu ya bodoh, tidak pintar-pintar amat,” kata Gus Baha dalam ceramahnya dikutip dari youtube Santri Gayeng pada Selasa (17/5/2022) KOMPAS TV sudah dapat izin mengutipnya.

Pengasuh Pesantren Al-Qur’an LP3IA Rembang, Jawa Tengah, itu lantas melanjutkan, ketika Imam Abu Hanifah pernah mengelabui setan dan memanfaatkannya.

Suatu ketika, ada seorang murid dari Imam Abu Hanifah mengadu, ia kehilangan uangnya. Entah di mana ia lupa menaruh duitnya saat itu. Bahkan, di tempat-tempat yang biasanya ia taruh pun tidak ada. 

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan soal Tips dan Amalan Ringan agar Terhindar dari Neraka

Disuruh Salat, Mengelabui Setan

Gus Baha lantas mencontohkan, ketika salat seringnya seseorang ingat sesuatu yang kerap dilupakan.

“Saat di luar salat, kamu tidak ingat di mana hapemu. Tapi ketika salat, langsung ingat hapemu di mana. Padahal, sudah niat ketika salat hanya ingat Allah,” paparnya.

Hal yang sama juga terjadi pada murid Imam Abu Hanifah.

Kalau zaman dulu, lanjut Gus Baha, tidak ada bank. Jadi kalau mau menyimpan uang itu dikubur.  Lalu ketika lupa, maka bisa jadi sulit dicari.

“Abu Hanifah tertawa, orang itu disuruh salat. Lantas, ia pun mengikuti saran dari Abu Abu Hanifah,” papar Gus Baha.

Mufasir yang menerbitkan berjilid-jilid tafsir Al-Qur’an bertajuk Al-Qur’an dan Tasirnya (UII Press) itu lantas mengisahkan, orang itu justru ingat di mana letak uangnya yang hilang.

Orang itu pun kemudian mengadu ke Imam Abu Hanifah perihal kejadian itu.

“Ia datang dan bertanya,’Kenapa engkau menyuruhku salat, wahai Imam Abu Hanifah?’ dan dijawab, ‘karena aku tahu kalau mau salat pasti setan akan membuatmu ingat akan dunia. Nah, itu yang aku manfaatkan,’” kata Gus Baha.

Setan ternyata bisa dikelabui juga, kisah Gus Baha, dengan cara memanfaatkan upayanya menggoda manusia.

“Jadi, setan pernah kelabui oleh Abu Hanifah. Jadi dipancing waktu salat, lalu setan mengingatkan posisi hartanya,” canda Gus Baha.

Jadi, setelah itu, kisah Gus Baha, Abu Hanifah berkata kepada muridnya itu,”Ya sudah, setelah ini kamu salat dengan normal,” tambahnya.

“Jadi, ketika jadi ulama kelasnya itu bisa mengelabui setan,” tutupnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x