Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Terima Kunjungan CEO Air Products di Washington AS

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 01:05 WIB
presiden-jokowi-terima-kunjungan-ceo-air-products-di-washington-as
Presiden Joko Widodo bertemu Chairman dan CEO Air Products Seifi Ghasemi, di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Kamis (12/5/2022). (Sumber: istanapresiden.go.id)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Chairman dan CEO Air Products, Seifi Ghasemi, di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Amerika Serikat (AS), Kamis (12/5/2022). Presiden menekankan pentingnya implementasi rencana investasi perusahaan asal AS tersebut.

“Saya menyambut baik penandatanganan MoU di Dubai, November 2021 yang lalu. Sebagai implementasi rencana tersebut pada 24 Januari lalu, saya telah lakukan groundbreaking industri hilirisasi coal to DME di Bukit Asam. Saya berharap semua rencana investasi tersebut dapat segera ditindaklanjuti,” ucap Presiden Jokowi.

Usai pertemuan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, dari rencana investasi Air Products sebesar USD15 miliar, untuk saat ini sudah terealisasi tahap pertama sebesar USD7 miliar.

Baca Juga: Jokowi Disebut Tak Disambut di AS, Kemlu: Ambil Kesimpulan tanpa Paham Situasi Sebenarnya

“Adalah project DME, metanol di Balongan, dan mau membangun juga metanol di Cepu, sisanya kita akan bikin hidrogen yang akan dibangun di Indonesia dengan memanfaatkan bendungan-bendungan yang dimiliki negara,” ucap Bahlil.

Dia juga menyampaikan, dari hasil diskusi Presiden dengan CEO Air Products, terdapat juga rencana akan membangun industri dari hulu ke hilir di bidang petrokimia.

Menurutnya pemerintah Indonesia harus segera mengeksekusi rencana-rencana tersebut.

Baca Juga: Hari Ketiga Jokowi di KTT Khusus ASEAN-AS: Terima Kunjungan hingga Makan Malam Bersama Joe Biden

"Karena uangnya sudah ada, project-nya sudah ada. Saya pikir pertemuan hari ini dengan Bapak Presiden dengan Pak Seifi ini menunjukkan bahwa investasi di Indonesia tidak hanya dikuasai suatu negara tertentu, tetapi sudah merata,” ujar Bahlil.

Di AS, Presiden Jokowi bakal mengikuti serangkaian pertemuan selama menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba pada Selasa, 10 Mei 2022 waktu AS, setelah menempuh kurang lebih 24 jam penerbangan dari Jakarta ke Washington DC dengan transit di Belanda.

Baca Juga: Ini Kata Kemenlu RI Soal Presiden Jokowi Tak Disambut Pejabat AS saat Tiba di Washington

Setibanya di Washington, Presiden Jokowi disambut oleh Dubes RI untuk AS, dan sejumlah menteri.

Jokowi datang ke AS untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT AS dan ASEAN di Washington DC pada 12 hingga 13 Mei 2022.  

Presiden Jokowi diagendakan bakal bertemu Presiden AS Joe Biden. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x