Kompas TV internasional kompas dunia

Seorang Penumpang Mendaratkan Pesawat Kecil Usai Sang Pilot Kehilangan Kesadaran di AS

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 05:27 WIB
seorang-penumpang-mendaratkan-pesawat-kecil-usai-sang-pilot-kehilangan-kesadaran-di-as
Seorang penumpang tanpa pengalaman terbang berhasil mendaratkan sebuah pesawat kecil di bandara Florida setelah pilotnya mendadak kehilangan kesadaran, atau tidak koheren oleh layanan darurat medis, lapor media AS, Rabu (11/5/2022) (Sumber: Straits Times via WPTV Florida)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

MIAMI, KOMPAS.TV - Seorang penumpang tanpa pengalaman terbang berhasil mendaratkan sebuah pesawat kecil di bandara Florida setelah pilotnya mendadak kehilangan kesadaran, atau "tidak koheren" oleh layanan darurat medis, lapor media AS, Rabu (11/5/2022) seperti dikutip Straits Times , Kamis (12/5/2022)

Satu-satunya penumpang di Cessna 208 bermesin tunggal itu mau tidak mau menjadi pilot pengganti walau sama sekali belum pernah menerbangkan pesawat, mengandalkan kontrol lalu lintas udara untuk memandu pendaratannya di Bandara Internasional Palm Beach, sekitar 110 km utara Miami, seperti laporan NBC yang dikutip Straits Times.

Pejabat di Fort Pierce, utara Palm Beach, menerima panggilan darurat sekitar tengah hari pada hari Selasa dari seorang penumpang yang mengatakan, "Saya mendapat situasi serius di sini," lapor NBC.

"Pilot saya menjadi tidak koheren. Saya tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat."

Ditanya tentang posisinya, dia berkata, "Saya tidak tahu" tetapi dia bisa melihat garis pantai Florida.

Baca Juga: Atraksi Tukar Pilot di Udara Berakhir Kecelakaan, Satu Pesawat Tak Terkendali dan Jatuh


"Pertahankan ketinggian sayap dan coba ikuti pantai, baik ke utara atau selatan," kata pejabat lalu lintas udara kepadanya. "Kami sedang berusaha mencarimu."

Pengendali lalu lintas udara Robert Morgan mengatakan, pengalamannya sebagai instruktur penerbangan membantunya memandu penumpang, yang namanya belum dirilis, saat sang penumpang mendaratkan pesawat.

"Dia sangat tenang, dan hanya berkata, 'Hei tau nggak, saya hanya tidak tahu cara terbang, saya tidak tahu bagaimana menghentikan benda ini jika saya mendaratkannya ke landasan," kata Morgan kepada CNN.

"Saya merasa seperti akan menangis karena adrenalin saya melonjak-lonjak" setelah kejadian itu, Morgan menambahkan, setelah berhasil mendarat, penumpang itu memeluknya sangat erat dan berterima kasih padanya karena telah membantunya kembali dengan selamat ke istrinya yang saat ini sedang hamil.

Kondisi pilot atau sifat darurat medis yang terjadi tidak segera dirilis, tetapi Palm Beach Fire Rescue mengatakan seorang pasien diangkut ke rumah sakit setelah pesawat mendarat.




Sumber : Kompas TV/Straits Times/WPTV


BERITA LAINNYA



Close Ads x