Kompas TV nasional peristiwa

Jusuf Kalla Terima Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Diserahkan Langsung oleh Kaisar Naruhito

Selasa, 10 Mei 2022 | 10:31 WIB
jusuf-kalla-terima-penghargaan-dari-pemerintah-jepang-diserahkan-langsung-oleh-kaisar-naruhito
Ketua Umum Dewan Mesjid Indonesi HM Jusuf Kalla, di masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Minggu 13/09/2020 (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 M Jusuf Kalla (JK), menerima bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Pemerintah Jepang, Selasa (10/5/2022).

Mengutip Kompas.com, penghargaan diberikan karena JK dianggap berkontribusi meningkatkan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia saat menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia.

Di samping itu, JK juga dikenal memiliki hubungan yang hangat dan kedekatan dengan pihak Jepang, baik saat mengabdi di dalam pemerintahan maupun ketika di luar pemerintahan.

Prosesi penganugerahan bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun untuk JK dilangsungkan di Istana Kaisar Jepang atau Imperial Palace.

Baca Juga: Ketika Jusuf Kalla Kaget Dihubungi Protokoler Istana, Terungkap Tanda Tangannya Dipalsukan Anak Buah

Dalam kesempatan tersebut, JK didampingi istrinya, Mufidah Jusuf Kalla, hadir di Istana Kaisar sekitar pukul 09.30 waktu Tokyo, Jepang.

JK menerima penghargaan bintang tanda jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun yang diserahkan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito.

Informasi dari Juru Bicara JK, Husain Abdullah, JK memakai pakaian Adat Teluk Belanga, Kepulauan Riau, saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang.

Husain menambahkan, persiapan JK menggunakan pakaian adat Kepulauan Riau dibantu oleh putra-putrinya.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Penundaan Pemilu Tidak Sesuai Konstitusi

"Menyiapkan kostum sekaligus melepas keberangkatannya dari Hotel Imperial, ke istana untuk menerima pengharagaan," jelas Husain.

Seusai menerima penghargaan, Husain menuturkan Kaisar Naruhito akan menjamu M Jusuf Kalla dan istri, Ibu Mufidah, di Matsu-No-Ma State Room, Jepang.

 


Sumber : Kompas TV/Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x