Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Polandia Sesalkan Serangan Fisik terhadap Duta Besar Rusia, Moskow Tuntut Warsawa Usut Tuntas

Kompas.tv - 10 Mei 2022, 01:25 WIB
polandia-sesalkan-serangan-fisik-terhadap-duta-besar-rusia-moskow-tuntut-warsawa-usut-tuntas
Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau. Kementerian Luar Negeri Polandia menyesalkan penyerangan terhadap duta besar Rusia di Warsawa. Rusia menuntut Polandia mengusut tuntas kejadian tersebut dan mengatakan akan melakukan penyelidikan sendiri untuk mencari pelaku dan menyeretnya ke pengadilan. (Sumber: RIA Novosti)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

WARSAW, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau menyebut serangan terhadap Duta Besar Rusia Sergei Andreev sebagai insiden yang sangat "disesalkan".

"Peristiwa yang terjadi hari ini saat peletakan karangan bunga oleh duta besar Federasi Rusia di kuburan tentara Soviet yang gugur (saat Perang Dunia II) adalah insiden yang seharusnya tidak terjadi, sebuah insiden yang menyedihkan dari semua sisi," kata Rau yang sedang berada di Iran, seperti dilaporkan RIA Novosti, Senin (9/5/2022).

Pada gilirannya, Wakil Perdana Menteri Polandia yang juga Menteri Aset Negara Jacek Sasin juga bereaksi negatif atas insiden tersebut.

“Mungkin tidak baik jika ada serangan terhadap perwakilan negara lain, bahkan jika itu adalah duta besar negara seperti Rusia, yang melakukan kebijakan agresif,” kata Sasin dalam konferensi pers.

Pada Senin, Andreev tiba di pemakaman peringatan tentara Soviet di Zhvirki dan Jalan Vigura di Warsawa, ditemani oleh istrinya, dan beberapa diplomat.

Warga Polandia dan Ukraina yang berkumpul sebelumnya di wilayah pemakaman, menghalangi jalan sang duta besar Rusia dan rombongan. Mereka juga meneriakkan slogan-slogan yang menghina.

Selanjutnya massa mulai melemparkan benda cair berwarna merah ke arah duta besar Rusia dan orang-orang yang menemaninya.

Tindakan itu memicu beberapa perkelahian dan beberapa menit kemudian polisi muncul di lokasi serangan lalu mendorong massa mundur. Duta besar Rusia dan rombongan kemudian meninggalkan lokasi penyerangan.

Baca Juga: Pidato Hari Kemenangan Putin dan Zelensky Sama Keras, Tanda Perang Masih Panjang?

Duta Besar Rusia untuk Polandia Sergey Andreev disiram benda cair berwarna merah oleh demonstran saat hendak menziarahi makam Tentara Merah dalam peringatan Hari Kemenangan di Warsawa, Polandia, Senin (9/5/2022). (Sumber: Maciek Luczniewski/Associated Press)

Misi diplomatik Rusia pada Hari Kemenangan dalam Perang Patriotik Hebat, seperti setiap tahun, bermaksud mengadakan aksi "Resimen Abadi" dan meletakkan karangan bunga di pemakaman peringatan tentara Soviet.

Hal itu, menurut laporan RIA Novosti, sudah diberitahukan kepada otoritas Polandia melalui sebuah surat ke Balai Kota Warsawa.

Pada saat yang sama, Kedutaan Rusia menginformasikan bahwa Kementerian Luar Negeri Polandia tidak merekomendasikan misi diplomatik mengadakan upacara peletakan karangan bunga, serta pawai Resimen Abadi.

Sehubungan dengan insiden tersebut, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya menuntut Polandia mencari dan menindak secara hukum pelaku penyerangan terhadap duta besar Rusia di Warsawa.

Kementerian Luar Negeri Rusia juga menuntut agar Warsawa segera menyelenggarakan upacara peletakan karangan bunga, dan memastikan keamanan sepenuhnya dari segala macam provokasi.

Komite Investigasi Rusia mengatakan akan menyelidiki serangan terhadap diplomat Rusia di Polandia, mengidentifikasi mereka yang terlibat dan mengambil tindakan untuk menyeret mereka ke pengadilan.



Sumber : Kompas TV/RIA Novosti


BERITA LAINNYA



Close Ads x