Kompas TV regional berita daerah

Amankan Arus Balik, Basarnas Patroli Laut

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 12:47 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Menggunakan satu rib, personel Basarnas Karangasem melakukan patroli laut di jalur arus balik di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem. Hasil pemantauan laut yang dilakukan sekitar areal pelabuhan sampai berbatasan Karangasem - Klungkung terpantau masih aman dan lancar. Pemantauan laut ini digelar untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus balik dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar Lombok dan sebaliknya untuk mewaspadai terjadi cuaca buruk. Personel basarnas juga melakukan pengecekan terhadap muat kapal yang akan berangkat untuk memastikan keamanan penumpang, basarnas juga membangun pos dan menyiapkan rib di areal Pelabuhan Padangbai.

Sementara itu, ratusan penumpang antri maupun tiba di Pelabuhan Padangbai. Terlihat sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat sudah memadati pelabuhan. Baik yang akan antri hendak masuk kapal serta yang baru turun dari kapal. Peningkatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai sudah terjadi Jumat (6/5) malam. Tercatat sampai Sabtu (7/5) penumpang yang sudah masuk ke Bali 5.479 orang, kendaraan roda dua 1.777 unit, dan kendaraan roda empat 852 unit, sedangkan arus balik ke lombok untuk penumpang 5.237 orang, kendaraan roda dua 1.503 unit, dan kendaraan roda empat 708 unit.

Manager ASDP Padangbai menambahkan, arus balik sudah mulai ramai pada H+4, diperkirakan puncak arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Padangbai terjadi hingga Minggu (8/5) malam. Ada 22 kapal yang dioperasikan setiap harinya, ada 13 trip atau keberangkatan kapal. Untuk mengatisipasi pelonjakan arus balik pihak pelabuhan akan mempercepat waktu proses bongkar muat kapal.

 

 

 

 

#basarnaskarangasem #pelabuhanpadangbai #arusbaliklebaran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x