Kompas TV advertorial

Menikmati Keindahan Likupang, Hidden Gem #DiIndonesiaAja di Ujung Timur Sulawesi Utara

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 09:32 WIB
menikmati-keindahan-likupang-hidden-gem-diindonesiaaja-di-ujung-timur-sulawesi-utara
Gambaran keindahan bawah laut di Likupang, Sulawesi Utara (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Adv Team

LIKUPANG, KOMPAS TV - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah memfokuskan pengembangan dan promosi pariwisata lima destinasi #DiIndonesiaAja. Destinasi Super Prioritas tersebut terdiri dari Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Namun, ada sejumlah hal yang perlu Anda cek terlebih dahulu sebelum bepergian melalui jalur udara di tengah pandemi Covid-19.

Pertama, Anda perlu memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan prima. Kedua, siapkan masker cadangan, botol minum, serta hand sanitizer untuk proteksi maksimal. Pastikan juga selalu menaati protokol kesehatan yang diterapkan.

Ketiga, jangan lupa mengisi e-HAC (Electronic Health Alert Card) sebelum melakukan check-in di bandara keberangkatan. atau paling cepat sehari sebelum jadwal penerbangan. Anda dapat mengisi formulir e-HAC melalui aplikasi Peduli Lindungi yang telah di-install di ponsel Anda.

Pengisian e-HAC merupakan salah satu syarat melakukan perjalanan selama masa pandemi. Petugas akan memeriksanya setelah penumpang sampai di bandara tujuan.


Likupang, sekeping surga yang hilang di ujung Sulawesi

Pada episode 1 program Jalan-Jalan, Rezha Disastra dan Steffy Ai akan mengajak Anda untuk berwisata virtual ke Likupang, Sulawesi Utara.

Likupang adalah kecamatan di paling ujung timur Sulawesi Utara yang menyimpan potensi wisata besar. Untuk bisa sampai di Likupang Anda bisa naik pesawat ke Manado dan menyewa mobil. Perjalanan dari Manado ke Likupang memerlukan waktu sekitar dua jam.

Sesampainya di Likupang, Anda dapat mengunjungi Pantai Paal dan mencoba aneka water sport dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Pantai Paal di Desa Marinsow ini memiliki pasir putih bersih dengan air laut jernih sehingga sayang bila dilewatkan.

Setelah puas bermain di pantai, jangan lewatkan pemandangan indah di bawah laut Likupang. Sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas, Likupang memiliki keindahan wisata bahari yang sulit ditandingi.

Ada beberapa rekomendasi diving spot yang wajib Anda kunjungi bila Anda berkesempatan ke Likupang.

Bila Anda termasuk diver pemula atau bahkan tidak bisa menyelam, Pantai Likupang merupakan destinasi yang cocok. Setelah puas menyusuri keindahan pantai, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang bagus cukup dengan snorkelling.

Kemudian, Anda bisa mengunjungi Pulau Lihaga untuk melihat populasi ikan mandarin yang cantik.

Ketiga, cobalah mengunjungi Desa Wisata Bahoi yang terletak di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Kondisi bawah laut di perairan ini masih sangat bersih. Bila beruntung, Anda bisa melihat black tip shark di sini.

Terakhir adalah Pulau Gangga dengan relief dasar laut berbentuk slope atau lereng. Di sini juga banyak soft coral dan table coral alias karang berbentuk lebar.

Tips menyelam di Likupang

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk kembali menjelajahi bawah laut Indonesia, simaklah tips berikut ini.

Pertama, usahakan untuk membawa peralatan menyelam sendiri. Jika harus menyewa, pastikan tempat penyewaan sudah membersihkan peralatan selam dengan disinfektan.

Kedua, pilih operator yang telah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment). Anda juga sebaiknya tetap menjaga jarak dengan tidak membawa rombongan yang terlalu banyak.

Bagi Anda yang penasaran keunggulan dan perbedaan Likupang ini dengan Bunaken, Dive Master Basrah akan menjelaskan lebih lanjut.

Menurut Basrah, tipe bawah laut Bunaken berupa wall atau menyerupai dinding. Jadi, relatif lebih dalam. Sementara di Likupang relief lautnya cenderung datar sehingga kedalaman lima meter saja sudah banyak terumbu karang dan biota laut cantik, seperti black tip shark.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x