Kompas TV nasional update

Imbas Sistem One Way, Jasa Marga Alihkan Arus Lalu Lintas di Sejumlah Ruas Tol, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 7 Mei 2022, 15:26 WIB
imbas-sistem-one-way-jasa-marga-alihkan-arus-lalu-lintas-di-sejumlah-ruas-tol-ini-daftarnya
Ilustrasi. Simpang Susun (SS) Cawang, Gerbang Tol (GT) Kalimalang 2, dan SS Cikunir menjadi lokasi pengalihan lalu lintas oleh Jasa Marga, sebagai imbas dari sistem one way Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jasamarga Metropolitan Tollroad mengalihkan arus lalu lintas di sejumlah ruas tol sebagai dampak dari sistem one way Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (7/5/2022).

Pengalihan lalu lintas tersebut berlaku di Simpang Susun (SS) Cawang, Gerbang Tol (GT) Kalimalang 2, dan SS Cikunir.

Dalam keterangan resminya, Jasamarga Metropolitan Tollroad menyampaikan bahwa rekayasa lalu lintas itu bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

"Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama Kepolisan Wilayah, PJR dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) telah memasang rambu-rambu serta menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi pengalihan tersebut," bunyi keterangan resminya, Sabtu.

Baca Juga: Belum Bisa Pastikan Kapan One Way Berakhir, Dirgakkum Korlantas Polri: Ini Situasional dan Dinamis

Adapun, untuk lebih jelasnya, berikut daftar lokasi pengalihan lalu lintas oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad yang dihimpun KOMPAS.TV dari siaran pers mereka.

1. Pengalihan lalu lintas di SS Cawang

SS Cawang menjadi lokasi pertama pengalihan lalu lintas Jasamarga Metropolitan Tollroad, sejak Sabtu dini hari tadi mulai pukul 00.15 WIB, dengan penutupan di tiga lokasi arah Tol Jakarta-Cikampek.

  • KM 00+400 B Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit (dari arah Semanggi menuju Cikampek)

  • KM 00+200 B Ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit (dari arah Priok menuju Cikampek)

  • On ramp UKI (dari arah arteri Cawang menuju Cikampek via tol)

Karena penutupan itu, maka kendaraan dari Semanggi atau Cawang yang hendak menuju Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit (CMNP) dan Jagorawi.

Lalu, pengguna jalan tol dari arah Jatinegara atau Rawamangun dialihkan ke arah Cawang-Tomang-Pluit dan Jagorawi

Baca Juga: Penerapan One Way Arus Balik Bersifat Situasional, Polisi Imbau Pemudik Tak Tunggu di Pintu Tol

2. Pengalihan lalu lintas di GT Kalimalang 2

Mulai pukul 07.15 WIB tadi, GT Kalimalang 2 Ruas Tol JORR telah ditutup untuk kendaraan yang hendak melaju ke arah Cikampek.

Perjalanan para pengguna jalan tersebut lantas dialihkan melalui jalan arteri Kalimalang.

3. Pengalihan lalu lintas di SS Cikunir

Terdapat dua titik di SS Cikunir yang mengalami pengalihan lalu lintas akibat masih berlakunya sistem one way di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Pertama yakni ramp KM 45+200 A SS Cikunir, dari Jati Asih ke Cikampek, yang ditutup sejak pukul 00.53 WIB dan pengguna jalannya langsung dialihkan ke arah Rorotan atau Tanjung Priok.

Kedua, penutupan ramp KM 46+200 B SS Cikunir dari Rorotan ke Cikampek yang berlangsung mulai pukul 00.53 WIB dan pengguna jalannya dialihkan ke arah Jatiasih atau Taman Mini.

Terakhir, rekayasa lalu lintas juga diberlakukan di GT Cikunir 1, dengan hanya membuka lajurnya untuk perjalanan menuju arah Rorotan maupun Jatiasih.

Jasa Marga pun mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

 




Sumber : Jasa Marga


BERITA LAINNYA



Close Ads x