Kompas TV nasional update

Korlantas: One Way Kemungkinan Berlaku 24 Jam Penuh, Mulai Hari Ini Sampai Minggu

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 18:32 WIB
korlantas-one-way-kemungkinan-berlaku-24-jam-penuh-mulai-hari-ini-sampai-minggu
Suasana arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantybudi menyebut, rekayasa lalu lintas dengan skema one way atau satu arah dimungkinkan berlaku selama 24 jam selama arus balik Lebaran, 6-8 Mei 2022.

Untuk itu, Firman mengingatkan masyarakat yang terdampak one way untuk tidak menunggu atau mengantre di depan gerbang tol.

"Bisa saja pelaksanaan one way ini kami laksanakan terus 24 jam sampai dengan hari Minggu (8/5)," kata Firman, Jumat (6/5/2022), dikutip dari Antara.

Namun demikian, kebijakan ini baru akan diputuskan nanti berdasarkan kondisi di lapangan. Fiman pun mengimbau masyarakat untuk menggunakan jalan arteri atau alternatif lainnya pada sore hingga malam hari.

"Silakan manfaatkan waktu sore atau malam hari. Masyarakat lokal sudah mulai istirahat, jalan agak lengang. Jadi, tidak menggantungkan atau menunggu di pintu-pintu tol yang sementara sedang kami gunakan sebagai penerapan one way," ujarnya.

Baca juga: Akses Tol Dalam Kota dan Tanjung Priok Arah Cikampek Ditutup, Dialihkan ke Tol JORR

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat mengikuti jadwal rekayasa lalu lintas dengan memantau informasi lewat media sosial NTMC, running text, dan pengumuman Jasa Marga.

"Lebih baik ikuti, perhatikan jadwal-jadwalnya, semoga landai kami akan berikan relaksasi satu lajur, bisa saja." kata Irjen Pol Firman.

Sebelumnya, Korlantas Polri memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan selama arus balik Lebaran 2022.

Salah satunya dengan skema one way yang dimulai pukul 14.00 WIB, Jumat siang.

Baca juga: Ada One Way di Tol, Ini Rute Alternatif dari Jakarta Menuju Bandung dan Semarang

Sistem satu arah tersebut diberlakukan mulai dari Tol Kalikangkung Semarang KM 414 hingga Tol Jakarta-Cikampek KM 47.

"Jajaran sudah di-warning untuk persiapan segala sesuatu, jelang nanti pukul 14.00 akan kita buka keran dari Kalikangkung menuju barat dengan one way," kata Dedi saat dikonfirmasi Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jumat.

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x