Kompas TV internasional kompas dunia

Penusukan oleh Warga Palestina di Tel Aviv Tewaskan 3 Warga Israel, Polisi Gelar Perburuan Massal

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 16:58 WIB
penusukan-oleh-warga-palestina-di-tel-aviv-tewaskan-3-warga-israel-polisi-gelar-perburuan-massal
Yahudi Ultra-Ortodoks berdiri di belakang pita polisi setelah serangan penusukan di kota Elad, Israel, Kamis (5/5/2022). Petugas medis Israel mengatakan setidaknya tiga orang tewas dalam serangan penikaman di dekat Tel Aviv pada Kamis malam. (Sumber: AP Photo/Maya Alleruzzo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

YERUSALEM, KOMPAS.TV — Pasukan keamanan Israel, Jumat (6/5/2022), melakukan perburuan besar-besaran terhadap dua warga Palestina terduga pelaku aksi penusukan di dekat Tel Aviv yang menewaskan tiga warga Israel, seperti dilansir Associated Press.

Penusukan pada Kamis (5/5/2022) di Hari Kemerdekaan Israel adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan mematikan dalam beberapa pekan terakhir.

Peristiwa itu terjadi ketika ketegangan Israel-Palestina meningkat yang dipicu kekerasan di tempat suci utama di Yerusalem yang disucikan oleh Yahudi dan muslim.

Polisi Israel mengatakan mereka sedang mencari dua tersangka berusia 19 dan 20 tahun yang berasal dari kota Jenin di Tepi Barat yang telah berada di bawah pendudukan Israel selama berdekade-dekade.

Jenin muncul sebagai benteng kelompok perlawanan Palestina dalam gelombang kekerasan terbaru, terburuk yang pernah dilihat Israel dalam beberapa tahun.

Beberapa penyerang datang dari dalam atau sekitar Jenin, dan pasukan Israel kini melancarkan serangan penangkapan yang memicu baku tembak di sana.

“Kami akan menangkap teroris dan lingkungan yang mendukung mereka, dan mereka akan membayar harganya,” kata Perdana Menteri Israel Naftali Bennett setelah berkumpul dengan pejabat keamanan senior Kamis (5/5/2022) malam.

Pihak berwenang mengatakan para penyerang melarikan diri dengan sebuah kendaraan.

Petugas medis menggambarkan pemandangan mengerikan di Elad, sebuah kota ultra-Ortodoks dekat Tel Aviv. Selain tiga orang tewas, empat lainnya luka-luka, salah satunya kritis.

Baca Juga: Bentrok Warga Palestina dan Israel Kembali Terjadi di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Pasukan keamanan Israel di kota Elad, Israel, Kamis (5/5/2022). Petugas medis Israel mengatakan setidaknya tiga orang tewas dalam serangan penikaman di dekat Tel Aviv pada Kamis malam. (Sumber: AP Photo/Maya Alleruzzo)

Media Israel mengidentifikasi mereka yang tewas sebagai Yonatan Havakuk, Boaz Gol dan Oren Ben Yiftah, tiga ayah berusia 30-an dan 40-an yang bersama-sama meninggalkan 16 anak. Pemakaman akan diadakan pada Jumat.

Ben Yiftah, 35 tahun, ayah dari enam anak, berasal dari pusat kota Lod. Wali Kota Yair Revivo mengatakan, "hati kami hancur berkeping-keping" dalam sebuah posting Facebook, menyebutnya sebagai "tragedi besar."

Israel menandai Hari Kemerdekaannya pada Kamis, hari libur nasional yang meriah di mana warga biasanya mengadakan barbekyu dan menghadiri pertunjukan udara.

Sedangkan bagi Palestina, hari itu menandai Nakba atau "bencana" ketika lebih dari 700.000 warganya mengungsi atau diusir selama perang yang terjadi sebelum berdirinya Israel.

Menteri Pertahanan Benny Gantz memperpanjang penutupan di Tepi Barat, yang diberlakukan menjelang hari libur untuk mencegah warga Palestina memasuki Israel, sehingga tetap berlaku hingga Minggu.

Di Washington, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengutuk “serangan mengerikan yang menargetkan pria dan wanita yang tidak bersalah.”




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x