Kompas TV internasional kompas dunia

Asian Games 2022 di Hangzhou China Ditunda Tanpa Batas Waktu

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 14:49 WIB
asian-games-2022-di-hangzhou-china-ditunda-tanpa-batas-waktu
China, Jumat (6/5/2022), mengumumkan bahwa Asian Games 2022 yang rencananya akan digelar di Hangzhou ditunda tanpa batas waktu. (Sumber: Hangzhou 2022)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV – China, Jumat (6/5/2022), mengumumkan bahwa Asian Games 2022 yang rencananya akan digelar di Hangzhou, ditunda tanpa batas waktu.

Seperti laporan France24, Jumat, penundaan Asian Games 2022 itu terjadi di tengah kemelut China memerangi kebangkitan kasus Covid-19.

Tidak ada alasan yang diberikan untuk penundaan itu, tetapi China tengah berlomba untuk memadamkan wabah Covid-19 terbesarnya sejak awal pandemi.

"Dewan Olimpiade Asia mengumumkan Asian Games ke-19, yang semula dijadwalkan diadakan di Hangzhou, China pada 10 hingga 25 September 2022, akan ditunda," demikian pernyataan di situs resmi Games, yang pertama kali diposting di media resmi negara China.

Tanggal baru untuk kompetisi olahraga itu "akan diumumkan di kemudian hari", pernyataan itu menambahkan. 

Asian Games 2022 rencananya akan menghadirkan lebih dari 11.000 atlet dari seluruh Asia, hampir setara dengan Olimpiade musim panas.

Baca Juga: Asian Games: Doha Tuan Rumah Tahun 2030, Riyadh Tuan Rumah Tahun 2034

China, Jumat (6/5/2022), mengumumkan bahwa Asian Games 2022 yang rencananya akan digelar di Hangzhou ditunda tanpa batas waktu. (Sumber: Hangzhou 2022)

Asian Games 2022 awalnya diperkirakan berlangsung dengan menggunakan sistem gelembung "loop tertutup" seperti yang dilakukan saat Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing.

Sistem tersebut membuat atlet dan media terisolasi dari populasi umum Beijing dan membutuhkan tes harian dan pemeriksaan suhu yang sering untuk semua orang yang terlibat.

Kota tuan rumah Hangzhou terletak di dekat kota terbesar di negara itu, Shanghai, yang telah mengalami lockdown selama berminggu-minggu sebagai bagian dari pendekatan toleransi nol Partai Komunis yang berkuasa terhadap virus tersebut.

Penyelenggara mengatakan bulan lalu bahwa Hangzhou, sebuah kota berpenduduk 12 juta di China timur, selesai membangun sekitar 56 tempat kompetisi untuk Asian Games dan Asian Para Games.

Penyebaran varian Omicron dan lockdown di Shanghai dan Beijing tampaknya membuat Asian Games tidak mungkin diadakan, meskipun baru beberapa minggu yang lalu pihak penyelenggara mengatakan acara tersebut akan tetap dilanjutkan.



Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x