Kompas TV video vod

Tentara Rusia Persiapan Untuk Hari Kemenangan di 9 Mei

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 12:54 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Moskow telah memulai persiapan menjelang perayaan Hari Kemenangan pada Senin 9 Mei.
Hari itu, sebuah acara patriotik yang merayakan upaya Uni Soviet selama Perang Dunia Kedua, memiliki makna baru pada tahun 2022.

Upacara termasuk peletakan karangan bunga di monumen dan penampilan publik oleh veteran angkatan bersenjata berlangsung di seluruh ibukota.

Para tentara pun bersiap,  menggelar latihan parade di siang hari dan di malam hari menjelang acara tersebut.

Namun, dengan berlanjutnya operasi militer Rusia di Ukraina, gemuruh perangkat keras dan tank militer yang biasa melalui Lapangan Merah akan menjadi lebih jarang.

Baca Juga: Jelang 9 Mei, Rusia Gelar Latihan Parade Militer di Moskow

Hari Kemenangan tahun ini tidak hanya akan menghormati konflik yang berakhir 77 tahun lalu, karena banyak orang Rusia akan memikirkan ribuan tentara di negara tetangga Ukraina.

"Kami bangun memikirkan mereka, kami pergi tidur memikirkan mereka, kami menyerang bersama mereka, sehingga mereka menghancurkan binatang Nazi ini seperti yang dilakukan kakek kami," kata penduduk Moskow berusia 53 tahun Olga Egorova.

Kremlin telah menolak untuk menyebut pertempuran di Ukraina sebagai perang, alih-alih menyebutnya sebagai operasi militer khusus.

Beberapa pengamat internasional percaya bahwa Presiden Vladimir Putin dapat menggunakan hari libur tersebut untuk akhirnya menyatakan operasi tersebut sebagai perang. 

Video Editor: Firmansyah
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x