Kompas TV regional berita daerah

Polisi Ajarkan Warga Papua Di Timika Bertani Dan Beternak

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 18:37 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

TIMIKA, KOMPAS.TV - Operasi Damai Cartenz yang dibentuk Polri tidak hanya untuk melakukan penegakan hukum kepada kelompok kriminal bersenjata di Papua, namun melalui satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz, para Polisi ini mengajarkan warga papua untuk dibina menjadi petani dan peternak yang baik demi meningkatkan ekonomi.

Inilah lahan sawah yang berada di kampung Moruku, distrik Dekai, kabupaten Yahukimo, Papua. 

Para polisi ini harus turun untuk menggarap sawah, bersama petani binaan yang merupakan orang asli Papua. 

Di dua petak sawah yang luasnya satu hektar, warga diajarkan cara bertani padi yang baik. Mulai dari menggarap lahan, menanam padi, hingga massa panen.

Tak hanya mengajarkan cara bertani padi, namun satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartenz juga mengajarkan warga lainnya cara membudidaya ikan jenis nila, dan bertenak babi secara moderen. 

Semua bibit ikan, maupun bibit ternak babi disiapkan Satgas Binmas Noken untuk warga.

Tak hanya diberikan bibit, namun juga diajarkan beternak dengan baik mulai dari menyiapkan pakan untuk ikan maupun babi. 

Disamping itu, pendampingan juga diberikan agar petani maupun perternak binaan itu dapat semakin berkembang dan bisa mengajarkan kepada warga lainnya demi meningkatkan ekonomi warga.

Kehadiran Satgas Binmas Noken Operasi Damai Cartens disambut baik warga. 

Operasi Damai Cartenz merupakan operasi yang mengedepankan persuasif dan preventif, dan hanya dilakukan dilima kabupaten di Provinsi Papua yang cenderung  akan gangguan kelompok krimnal bersenjata, yakni kabupaten Yahukimo, Intan Jaya, Puncak, Nduga dan Pegunungan Bintang. 

#TimikaPapua #OperasiDamaiCartenz #PertanianDanPeternakan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x