Kompas TV regional peristiwa

Susi Pujiastuti Ancam Wisatawan ke Pangandaran: Kalau Buang Sampah Sembarangan, Saya Tenggelamkan!

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 17:01 WIB
susi-pujiastuti-ancam-wisatawan-ke-pangandaran-kalau-buang-sampah-sembarangan-saya-tenggelamkan
Suasana Pantai Pangandaran saat Lebaran (Sumber: Tribunjabar-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pantai Pangandaran di Jawa Barat disesaki pengunjung di hari keempat Lebaran. Saking padatnya, jalur menuju pantai di Selatan Jawa Barat ini sudah macet. Bahkan tempat parkir dipenuhi kendaraan baik bus, truk dan kendaraan pribadi lainnya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku senang sebab ekonomi mulai bangkit.  "Lebaran membawa rezeki untuk masyarakat Pangandaran. Saya  pun senang ekonomi bergerak pulih. Tapi makkkkk sampahnya.." ujarnya melalui postingan twitternya yang dilihat Kamis (5/5/2022).

Susi pun tak segan mengancam bagi para wisatawan yang membuang sampah sembarangan akan menenggelamkanya. "Awas ya, kalau buang sampah sembarangan, saya tenggelamkan!" ujarnya.

Baca Juga: Susi Pudjiasatuti: Persoalan Susi Air dengan Pemkab Malinau Tidak Ada Unsur Politik

Istilah "tenggelamkan" memang khas celotehan Susi saat jadi menteri yang menunjukkan keseriusannya dalam memberantas para pencuri ikan yang berlayar di lautan Indonesia. Bila tertangkap, Susi tak segan menenggelamkan kapal-kapal itu.   

Ancaman Susi bukan tanpa solusi. Dia pun membagikan tips bagi wisatawan yang punya kebiasaan merokok, agar jangan membuang puntung di pantai. Tapi harus menyiapkan tempat, dikumpulkan kemudian dibuang ke tempat sampah. Bila berada di tengah lautan, Susi mengajarkan agar dibawa di bagian belakang baju renang. "Nanti dibawa pulang, dikumpulkan  direcyle," katanya.

Sementara Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menyiapkan jalur alternatif bagi masyarakat yang ingin libur Lebaran ke Pantai Pangandaran.

Baca Juga: Libur Lebaran ke Pantai Pangandaran Ketemu Macet? Ini Jalur Alternatif yang Disiapkan Polda Jabar

Jalur itu digunakan karena macet parah hingga berjam-jam yang disebabkan banyaknya wisatawan yang berdatangan ke Pantai Pangandaran pada H+2 Lebaran.

Bahkan, karena macet, tak sedikit dari wisatawan itu mengurungkan niat berlibur ke Pantai itu.

Jalanan yang macet berada di jalur arteri menuju Pangandaran sedari kawasan Kota Banjar ke selatan.

"Karena itu, jalur alternatif perlu digunakan untuk memecah fokus kepadatan kendaraan," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, Kamis (5/5/2022).


Ia menjelaskan, jika wisatawan berangkat dari daerah Bandung, mereka bisa melalui jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju ke arah Cidaun, Cianjur.

Kemudian, para wisatawan bisa menelusuri jalur Pantai Selatan ke arah timur.

"Sebelum mencapai Pangandaran, nantinya para wisatawan juga akan menemukan sejumlah objek wisata lain seperti Pantai Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang, dan Parigi," katanya.

Lalu, lanjut Ibrahim, wisatawan dari Jakarta juga bisa menikmati jalur alternatif Pantai Selatan mulai dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

     




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x