Kompas TV nasional berita utama

One Way Kalikangkung-Cikampek Mulai 6 Mei, Kakorlantas Polri Cek Kesiapan

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 15:44 WIB
one-way-kalikangkung-cikampek-mulai-6-mei-kakorlantas-polri-cek-kesiapan
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS. TV- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pool Firman Santyabudi mengecek kesiapan jalur mudik untuk arus balik yang diperkirakan mulai mengalami peningkatan volume kendaraan pada Jumat 6 Mei 2022 besok.

Firman menyampaikan bahwa perkembangan arus lalu lintas kearah Jakarta sudah menembus rasio 1. Ini artinya perlu intervensi dari kepolisian berupa rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan atau kendala serius pada arus balik.

"Bila rasio sudah menembus angka 1. Sudah tidak bisa lagi  dilakukan pengaturan jalur seperti pada masa normal. Maka itu perlu rekayasa lalu lintas," kata Kakorlantas.

Baca Juga: Viral Polisi Makan di Pinggir Tol Cipali, Bertugas Demi Jaga Arus Balik Pemudik

Dia juga menyatakan kepolisian akan terus menginformasikan perkembangan pengaturan lalu lintas arus balik kepada masyarakat.

"Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak terjebak di tengah kemacetan arus. Kepentingan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan jalan tetap harus diutamakan," lanjutnya.

Dalam melakukan pengecekan, Kakorlantas didampingi Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryonugroho, Kakorlantas mengecek kesiapan personel serta perkembangan arus lalu lintas pada masa arus balik di Gate Tol Bawen, Banyumanik dan Kalikangkung.

Baca Juga: Masih Banyak Pemudik yang Pilih Pulang Kampung Saat Arus Balik, Ternyata Ini Alasannya

Kombes Pol Agus Suryonugroho menjelaskan perkembangan arus lalu lintas di Jateng sudah mulai memadat sehingga dimungkinkan akan diterapkan one way yang bersifat lokal dari gate tol Banyumanik.

"Bila beberapa waktu lalu arus dari Bawen ke arah barat sudah padat merayap, maka saat ini arus sudah makin padat karena rasio kendaraan sudah naik signifikan," kata Dirlantas.

Dimungkinkan, pada penerapan one way nasional tanggal 6 Mei 2022, Polda Jateng juga akan melakukan one way lokal dari gate tol Banyumanik ke arah barat.

Baca Juga: Pelabuhan Panjang Siap Layani Pemudik Arus Balik Lebaran

"Ini semua nanti akan kita koordinasikan dengan semua pihak yang terkait, tentunya dengan seizin dari Korlantas Polri," tambah Dirlantas.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x