Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cara Cepat Mengembalikan Energi usai Mudik, Siap untuk Beraktivitas Lagi

Kompas.tv - 5 Mei 2022, 05:05 WIB
cara-cepat-mengembalikan-energi-usai-mudik-siap-untuk-beraktivitas-lagi
Ilustrasi mudik dengan kendaraan pribadi. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang melelahkan. Pada momen pasca Lebaran ini, Anda perlu mengembalikan energi usai berkendara jauh.

Mengembalikan energi usai mudik perlu dilakukan agar kita siap menghadapi keseharian seperti sebelum Ramadan dan Hari Raya Idulfitri.

Untuk kembali segar setelah perjalanan jauh, kondisi saat mudik atau berkendara juga perlu diperhatikan. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah Usai Lebaran, Simak 4 Tips Ini

Selain kondisi fisik yang baik, kata Jusri, pola istirahat di tengah perjalanan juga perlu dirancang agar tidak mengalami kelelahan.

“Ketika dalam perjalanan, pengemudi harus membuat satu pola istirahat untuk mensuplai kebutuhan tubuhnya, yaitu maksimal setiap dua atau tiga jam berhenti untuk mengembalikan tenaga,” kata Justri, mengutip Kompas.com, Rabu (4/5/2022).

Bagi yang berkendara menggunakan mobil dapat mengemudi sampai batas empat jam. Namun, jika kondisi badan lelah, maka mengemudilah selama 90-120 menit.

Lebih lanjut, Jusri bilang untuk sadar dengan kondisi dan kemampuan tubuh. Jika merasa lelah, segeralah untuk mencari tempat untuk istirahat.

"Berdasarkan kemampuan tubuh, kita harus istirahat kalau sudah dua jam. Tak perlu lama-lama, istirahat pertama cukup 15 menit. Kemudian tiap dua jam berikutnya cukup istirahat setengah jam,” ucap Jusri.

“Usahakan tidak mengemudi lebih dari 10 jam perjalanan dalam satu hari,” ujarnya.

Agar dapat mengaplikasikan waktu istirahat ini, ada baiknya untuk mengambil waktu yang panjang untuk melakukan perjalanan agar tidak terburu-buru.

Baca Juga: Tips Menyimpan Ketupat Lebaran agar Tidak Mudah Basi, Lakukan 3 Langkah Ini

Melansir WebMD, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengembalikan energi setelah mudik adalah memperbaiki asupan dan tidur yang cukup.

Perbanyak makan ikan atau mengonsumsi minyak ikan dapat mengembalikan energi dengan cepat. 

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan di Universitas Siena Italia tahun 2009 menyebutkan bahwa mengkonsumsi kapsul minyak ikan selama 21 hari menunjukkan reaksi mental yang lebih cepat dan merasa lebih bersemangat.

Selain itu, makan dalam porsi kecil tapi sering. Hal ini dapat menstabilkan kadar gula darah agar tubuh lebih segar. Lebih lanjut, tidur lebih awal juga dapat mengobati kelelahan.




Sumber : Kompas.com, WebMD


BERITA LAINNYA



Close Ads x