Kompas TV regional berita daerah

Mudik Melalui Pelabuhan Gilimanuk & Padangbai

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 13:05 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

JEMBRANA, KARANGASEM, KOMPAS TV - Seperti inilah suasana arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali dini hari H-1 hari raya Idul Fitri. Antrean kendaraan pemudik, sepeda motor dan mobil pribadi  kembali memadati pintu masuk hingga kantong parkir di dalam Pelabuhan Gilimanuk. Para pemudik ini mengaku H-1, karena baru mendapat ijin libur dan cuti di tempatnya bekerja. Untuk melayani pemudik yang akan menyeberang ke Banyuwangi, PT ASDP hari ini mengoprasikan sebanyak 32 kapal.

Sementara itu, pada H-2 Hari Raya Idul Fitri, penumpukan kendaraan pemudik terutama yang menggunakan mobil pribadi hingga sore masih terjadi di Pelabuhan Gilimanuk. Walau rata-rata pemudik mengaku lelah, namun mereka mengaku menikmati mudik dengan mengantre, sehingga terasa suasana hari raya.

Kendaraan roda empat yang menunggu giliran masuk kapal masih memenuhi 5 kantong parkir yang ada di dalam Pelabuhan Gilimanuk. Para pemudik menunggu giliran masuk kapal selama lebih dari 7 jam. Walau demikian, mereka mengaku tetap senang karena akan segera bertemu sanak keluarga di kampung halaman.

Sementara itu di Pelabuhan Padangbai, membludaknya pemudik yang akan menyebrang ke Pelabuhan Lembar Lombok melalui pelabuhan di Manggis ini H-3, antrian terjadi hingga keluar pelabuhan. Selain mengotimalkan kedua dermaga, untuk mengurai kemacetan, pihak pelabuhan padangbai mempercepat proses waktu bongkar muat kapal, serta menambah loket tiket untuk penumpang. Sebelumnya 2 jam diturunkan menjadi 1,5 jam, namun jika masih banyak antrian akan diturunkan lagi menjadi 1 jam.

Diberlakukan percepatan bongkar muat kapal, sejumlah antrean pemudik sudah mulai terurai. Hingga H-3 tercatat pemudik yang sudah diseberangkan dari Pelabuhan Padangbai adalah 11.442 penumpang. Roda dua 3.063 unit dan roda empat 674 unit.

 

 

 

 

#arusmudik #lebaran #pelabuhan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x