Kompas TV nasional peristiwa

Kemeriahan Lebaran 2022, dari Pecah Rekor Gasibu sampai Pesan Pantang Menyerah Puan Maharani

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 09:33 WIB
kemeriahan-lebaran-2022-dari-pecah-rekor-gasibu-sampai-pesan-pantang-menyerah-puan-maharani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama warga Jakarta melaksanakan salat Idul Fitri perdana di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Senin (2/5/2022), pukul 07.00 WIB. (Sumber: Wandi Yansen / Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah dua kali tidak bisa melaksanakan Lebaran di ruang publik, masyarakat Indonesia dengan antusias memeriahkan perayaan Idulfitri 2022 yang jatuh Senin (2/5/2022).

Warga di sejumlah daerah tampak antusias melaksanakan salat idulfitri, mulai dari lapangan hingga masjid dan musala.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, pelaksanaan salat Idulfitri kali ini  di Lapangan Gasibu Kota Bandung, memecahkan rekor dengan jumlah jamaah yang hampir memenuhi lapangan itu.

"Ini adalah rekor, rekor penuhnya Lapangan Gasibu oleh jamaah, oleh orang-orang yang datang untuk menyucikan jiwanya. Alhamdulillah padat sekali di sini," kata dia saat memberikan sambutan sebelum melaksanakan salat Id di tempat itu.
 
Ia menyatakan yakin bahwa hati setiap umat yang datang ke Lapangan Gasibu untuk melaksanakan Shalat Id, sedang berbahagia dan bergembira.

"Saya yakin dalam hati kita semua yang datang ke sini sedang berbahagia dan bergembira. Allah sudah memberikan nikmat yang besar kepada kita, salah satunya bisa melaksanakan Shalat Idul Fitri di sini," kata dia.

Baca Juga: 139.232 Narapidana Terima Remisi Lebaran 2022, 675 Orang Langsung Bebas

Sementara itu, Masjid Istiqlal Jakarta tampak dipenuhi jamaah sejak pagi. Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin melaksanakan salat di sana. 

Salat Id dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin oleh Hasanuddin Sinaga sebagai imam dan khotib Ketua Umum Baznas Noor Achmad yang membawakan tema "Semangat Kerukunan Berbangsa dan Bernegara".

Sebelum salat dimulai, Wapres sempat mengumandangkan takbir selama sekitar 10 menit.

"Dibutuhkan islah antara kelompok agama satu yang lain. Idul fitri harus membawa fitrah ciptaan yang sama, ciptaan Allah SWT. Manusia itu umat yang satu," kata Noor Achmad di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin.

Pelaksanaan shalat Id di masjid Istiqlal pada tahun ini merupakan yang perdana pasca pandemi COVID-19.

Wapres yang mengenakan sarung hitam, jas hitam, kopiah hitam serta syal putih mengambil tempat di baris paling depan di samping Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Tahun ini, masjid Istiqlal membolehkan 150 ribu orang atau sekitar 75 persen dari total kapasitas 250 ribu orang untuk melaksanakan shalat Id. Jemaah melaksanakan shalat hingga lantai 4 masjid Istiqlal.

Sedangkan Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan masyarakat agar tetap mewaspadai penyebaran virus COVID-19 saat merayakan Lebaran 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x