Kompas TV nasional gaya hidup

Awas Jangan Kebablasan Makan Saat Lebaran, Atur Porsi Biar Terhindar dari Kolestrol atau Sembelit

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 06:47 WIB
awas-jangan-kebablasan-makan-saat-lebaran-atur-porsi-biar-terhindar-dari-kolestrol-atau-sembelit
Ilustrasi - Opor ayam, menu khas lebaran. Perhatikan porsi makan agar tak terkena masalah kesehatan. (Sumber: Kompas)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Hidangan khas Lebaran seperti opor ayam, kare dan makanan bersantan lainnya memang nikmat. Namun, pengaturan porsi makan juga harus diperhatikan agar tak terkena masalah seperti kadar kolestrol jahat naik atau sembelit.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi dr. Ida Gunawan dari RS Pondok Indah - Puri Indah menyarankan untuk membagi isi piring yakni, setengah piring dengan sayuran dan buah beraneka ragam warna.

Sayuran dan buah mengandung serat yang harus Anda konsumsi dalam porsi seimbang. Hal ini mengingat seringkali hidangan Lebaran didominasi kandungan lemak, gula dan garam.

"Makanya setengah piring isinya sayur dan buah, supaya komposisi serat dan antioksidan tercukupi," katanya, seperti yang dikutip dari Antara pada Senin (2/5/2022).

Kemudian, isi seperempat piring atau setara 45-65 persen dengan karbohidrat, semisal nasi, ketupat, mi, kentang atau bihun. Sebaiknya tak memilih sumber karbohidrat dengan kandungan gula tinggi.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Bermanfaat Atasi Sembelit

Selanjutnya, sisa seperempat lainnya bisa bisa diisi dengan lauk-lauk yakni protein seperti daging, ikan, telur atau sumber nabati misalnya tahu dan tempe.

"Protein bisa daging yang lemaknya tidak terlalu banyak, ikan, telur boleh tetapi jumlahnya jangan berlebihan," tuturnya.

Lalu, soal makanan bersantan, Ida tak menyarankan menambahkan banyak santan ke dalam piring makanan Anda. Pada menu rendang misalnya, Anda bisa mengambil daging rendang tanpa harus berlebihan mengambil bumbunya. Hal yang sama juga berlaku dengan sayuran dengan kuah santan.

"Kita jangan menambahkan santan ke dalam menu makanan kita, jadi cukup sayuran saja yang diambil yang pasti di situ sudah menempel yang namanya kuah-kuah santannya. Cukup dimakan sayurannya saja bersama ketupatnya atau bersama rendangnya, tetapi dagingnya saja. Bumbu rendangnya hanya sudah tercampur saja," kata Ida.

Baca Juga: Salad Segar, Menu Sehat Setelah Lebaran!

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x