Kompas TV nasional kesehatan

Waspada! Kemenkes Sebut 3 Anak Meninggal karena Hepatitis Akut Misterius, Ini Gejalanya

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 05:05 WIB
waspada-kemenkes-sebut-3-anak-meninggal-karena-hepatitis-akut-misterius-ini-gejalanya
Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat waspada, setelah 3 anak di Jakarta meningggal diduga karena hepatitis akut misterius. (27/11/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat untuk mewaspadai hepatitis akut. 

Imbauan ini dikeluarkan setelah terdapat tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut meninggal dunia. 

Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut, ketiga pasien tersebut meninggal dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022 dengan dugaan Hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Nadia menuturkan, kini Kemenkes sedang berupaya untuk melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap.

Sementara Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta, lanjut dia, sedang melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut.

Nadia menyebut, Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua minggu terakhir usai Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak yang belum diketahui penyebabnya ini ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Selama masa investigasi, kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang," kata Nadia, dikutip dari laman Kemenkes, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga: Kabar Baik, Kemenkes akan Izinkan Sinovac Jadi Vaksin Booster

"Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tegasnya.

Adapun gejala yang timbul pada kasus hepatitis akut misterius pada anak yang tak diketahui penyebabnya di antaranya, gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah, diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran.

"Jika anak-anak memiliki gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat," ujarnya

Sebagai informasi, pada 15 April 2022, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia.

Sejak dipublikasikan sebagai KLB, jumlah laporan terkait kasus Hepatitis Akut terus bertambah, tercatat lebih dari 170 kasus dilaporkan oleh lebih dari 12 negara. Selain itu, penyebab penyakit sampai saat ini belum diketahui.

Dari pemeriksaan laboratorium di luar negeri diketahui, pasien-pasien dites penyebab virus hepatitis umum yakni tipe A, B, C, D, dan E.

Namun, hasil menunjukkan virus-virus tersebut bukanlah penyebab dari penyakit tersebut.

Dari pasien-pasien itu, 74 pasien yang dites molekuler terdeteksi adenovirus yang teridentifikasi sebagai F type 41.

Selain itu, dari 20 kasus ditemukan SARS-CoV-2 dan 19 kasus terdeteksi adanya ko-infeksi SARS-CoV-2 dan adenovirus.

Baca Juga: Komisi IX: Kemenkes Jangan Lagi Cari Alasan untuk Tak Sediakan Vaksin Covid-19 yang Halal




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x