Kompas TV nasional sosial

Pemudik di Rest Area Travoy Palikanci, Solo-Ngawi Bisa Lakukan Salat Id, Ini Lokasinya

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 22:09 WIB
pemudik-di-rest-area-travoy-palikanci-solo-ngawi-bisa-lakukan-salat-id-ini-lokasinya
Ilustrasi salah satu rest area travoy yang berada di jalur Palikanci atau Solo-Ngawi dan bisa digunakan untuk salat idulfitri. (Sumber: Antara )
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salat idulfitri akan digelar di sejumlah rest area travoy, Senin (2/5/2022).

Lokasi yang akan menyelenggarakan salat idulfitri yakni Rest Area Travoy 207 A Palikanci, Rest Area Travoy 519 A, dan B Solo-Ngawi, serta Rest Area Travoy 575 A dan B Solo-Ngawi.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan, penyelenggaraan salat Idulfitri ini terbuka untuk umum baik pengguna tol dan masyarakat di sekitar rest area.

"Meski terbuka untuk umum, kami tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di rest area, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan melakukan scan barcode PeduliLindungi," tutur Meta dikutip dari Kompas.com, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga: Masjid Istiqlal Gelar Salat Idulfitri Tingkat Kenegaraan, Simak Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Meta mengatakan, kegiatan ini bukan kali pertama dilakukan di rest area travoy.

Sebelumnya PT JMRB beserta BKI Jasa Marga Group dan masyarakat sekitar kerap menggelar acara-acara keagamaan, seperti salat Tarawih, pengajian, hingga pemotongan hewan kurban saat Iduladha.

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah

Sebelumnya diberitakan, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah. Berdasarkan hasil dari sidang isbat, Idulfitri jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga: Hukum Melaksanakan Salat Idulfitri, Wajib atau Sunah?

"Berdasarkan hisab posisi hilal di seluruh Indonesia, secara mufakat sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022," tuturnya, Minggu.

Penetapan untuk menentukan awal bulan Syawal ini dilakukan menggunakan metode hisab dan rukyat dengan cara melihat langsung keberadaan hilal.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x