Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Lampu Botol Menerangi Gorontalo Sambut Idul Fitri

Kompas.tv - 1 Mei 2022, 15:50 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Lampu botol atau lampu minyak, menyala disetiap sudut Gorontalo. ini menandakan bahwa bulan Ramadan 1443 hijriah akan segera berakhir. tradisi dan budaya ini selalu di selenggarakan menjelang hari raya idul fitri.

Tradisi Tombilotohe diselenggarakan pada tiga malam terakhir sebelum hari raya idul fitri, perayaan ini sudah menjadi tradisi sejak abad ke- 15.  Zaman dahulu, perayaan malam pasang lampu dimaksudkan sebagai penerang jalan supaya masyarakat setempat yang ingin membayar zakat fitrah mudah berjalan ke masjid di malam hari .

2 tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi, malam pasang lampu tahun ini dirayakan juga sebagai makna kebangkitan ekonomi warga, setelah terpuruk akibat pandemi covid 19.

Seiring dengan kemajuan teknologi, pada perayaan tradisi ini, sebagian warga mulai memanfaatkan lampu listrik, yang di pasang di hampir disetiap sudut jalan bahkan di tanah lapang. bentuknya pun bervariasi, sehingga mengundang warga datang menyaksikannya.

Tradisi Tombilotohe, disetiap perayaannya menjadi perhatian warga. tidak hanya warga Gorontalo, tetapi juga banyak warga dari daerah sekitar yang sengaja berkunjung, untuk menyaksikan kemeriahan tradisi ini .

Sebagian warga, memanfaatkan momen ini untuk berwisata, namun banyak yang memanfaatkannya bersuwa foto ditengah keindahan lampu yang di pasang warga.

 

#tumbilotohe

#tradisi

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x