Kompas TV nasional update

Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Capai Rp9,6 Juta, Lion Air Group: Masih Sesuai Ketentuan

Kompas.tv - 30 April 2022, 09:16 WIB
harga-tiket-pesawat-jakarta-aceh-capai-rp9-6-juta-lion-air-group-masih-sesuai-ketentuan
Ilustrasi. Penjelasan Lion Air Group soal tiket penerbangan transit dan transfer dari maskapainya, Batik Air dan Wings Air, yang harganya mencapai Rp9,6 juta untuk rute Jakarta-Aceh pada 29-30 April 2022. (Sumber: Batik Air/Muhammad Rizky Febryanto)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lion Air Group buka suara soal tarif tiket pesawat maskapainya yang mencapai Rp9,6 juta untuk rute penerbangan Jakarta-Aceh.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menerangkan, penerapan tarif tersebut bukan tanpa alasan.

"Pemberlakuan tarif (itu) masih sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku," ungkap Danang dalam keterangannya, Jumat (29/4/2022).

Lebih jelasnya, tiket tersebut memiliki tarif yang demikian tinggi karena penerbangannya terbagi menjadi transit dan transfer.

Baca Juga: Soal Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Rp9,6 Juta, Anggota DPD RI: Seperti Menuju Negara Lain Saja

Danang mengungkapkan, sistem transit dan transfer itu berlaku mengingat kuota penumpang untuk penerbangan reguler serta tambahan dengan rute Jakarta-Banda Aceh sudah terjual semua.

Sehingga Lion Air Group memberikan alternatif kepada calon penumpang dengan menyediakan sistem penerbangan transit dan transfer via Bandar Udara Internasional Kualanamu.

"Jakarta-Kualanamu dengan maskapai Batik Air (transit). Kualanamu-Banda Aceh dilanjutkan dengan (connecting flight) maskapai Wings Air (transfer)," jelas Danang.

Karena terdapat berbagai kombinasi dalam sistem penerbangan transit dan transfer, baik antara maskapai, kelas, maupun bandara, maka bakal terjadi penyesuaian harga tiket.

Baca Juga: Gubernur Aceh Keluhkan Harga Tiket Pesawat yang Tembus Rp9,6 Juta Sekali Jalan, Ini Jawaban Kemenhub

"Hal tersebut secara otomatis akan memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan sektor transit menjadi satu informasi harga tiket yang harus dibeli atau dibayar oleh pemesan," ujar Danang.

Apalagi jika tiket kelas ekonomi sudah habis terjual dan hanya tersisa kelas bisnis, kombinasi harganya akan lebih tinggi.

Oleh sebab itu, Danang mengimbau, seluruh calon pengguna jasa layanan penerbangan agar mempersiapkan rencana perjalanannya lebih awal selama musim libur seperti saat ini.

"Kemudian, harus bijaksana, teliti, dan lebih memahami informasi ketika melakukan pembelian tiket pesawat," sarannya.

Baca Juga: Gubernur Aceh Surati Presiden Jokowi Soal Tiket Pesawat dari dan Menuju Aceh Bisa Tembus Rp9,6 Juta

Sebelumnya, melansir Serambinews.com, jagad media sosial Tanah Air sempat dibuat heboh oleh informasi terkait harga tiket pesawat Jakarta-Banda Aceh (CGK-BTJ) yang mencapai Rp9.698.700 untuk penerbangan 29-30 April 2022.

Menurut banyak orang, tarif tiket penerbangan maskapai Batik Air dan Wings Air itu terbilang lebih mahal dari penerbangan Jakarta-Jeddah yang dibanderol Rp9.098.200 per orang.

Mendengar ada tiket pesawat dengan harga selangit, Gubernur Aceh Nova Iriansyah lantas menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan, Nova pun melayangkan surat ke sejumlah maskapai penerbangan penyedia rute Jakarta-Aceh.



Sumber : Tribunnews.com/Serambinews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x