Kompas TV nasional peristiwa

Tol Cipularang Lumpuh Total, Pengguna Jalan Mengaku Bingung karena Tak Ada Petugas yang Berjaga

Kompas.tv - 29 April 2022, 08:41 WIB
tol-cipularang-lumpuh-total-pengguna-jalan-mengaku-bingung-karena-tak-ada-petugas-yang-berjaga
Sejumlah warga yang memilih keluar dari kendaraan saat terjebak macet di Tol Cipularang, Jumat (29/4/2022) pagi. (Sumber: Kompas TV/Hendi Setiawan)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Arus lalu lintas di Tol Cipularang dari arah Bandung menuju Jakarta mengalami lumpuh total sejak Jumat (29/4/2022) dini hari.

Menurut pantauan Jurnalis Kompas TV Hendi Setiawan, kendaraan sama sekali tidak bergerak dari pintu masuk Tol Kalihurip Utama sampai beberapa kilometer ke belakang.

Antrean kendaraan bahkan terlihat mengular di Kilometer 72 dan banyak masyarakat yang duduk-duduk di jalan untuk menunggu jalanan kembali dibuka.

Menurut data yang dihimpun, peristiwa ini terjadi sejak Jumat (29/4) dini hari tadi dari kilometer 100 dan 81 hingga ke Gerbang Tol Keluar Sadang menuju arah Jakarta.

Hingga saat ini, belum ada kepastian terkait kapan Tol Cipularang akan kembali dibuka karena one way sendiri di Tol Cipularang Palimanan (Cipali) kembali akan diberlakukan oleh Korlantas Polri.

Bahkan, hingga artikel ini ditayangkan, pihak kepolisian baik itu Polres Purwakarta dan Polda Jawa Barat belum bisa dihubungi terkait kemacetan yang terjadi sepanjang 5 kilometer di ruas tol Cipularang.

Baca Juga: Terkendala di Jalan Tol Saat Mudik? Ini Nomor Darurat yang Bisa Dihubungi

Sebelumnya, Jurnalis Kompas TV sempat mewawancara pihak kepolisian bahwa saat pelaksanaan one way pihaknya telah menyiapkan segala cara untuk mengantisipasi kemacetan di ruas tol Cipularang ini.

Salah satunya dengan mengalihkan arus untuk arah Jakarta ke tiga gerbang tol di Purwakarta, yakni Jatiluhur, Sadang, dan Cikopo.

Kendati demikian, pada kenyataannya kondisi di lapangan banyak kendaraan yang tidak bisa keluar dari Tol Cipularang hingga terjebak kemacetan.

Untuk diketahui, menurut pengakuan masyarakat akses jalan menuju Jakarta sudah ditutup sejak pukul 12.00 WIB, Kamis (28/4) kemarin sehingga mereka tidak sempat mengalihkan ke jalur alternatif.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x