Kompas TV nasional peristiwa

Banyak Kendaraan Tak Sesuai Aturan Ganjil Genap Lolos Masuk Tol, Polisi akan Perketat Pengawasan

Kompas.tv - 29 April 2022, 05:20 WIB
banyak-kendaraan-tak-sesuai-aturan-ganjil-genap-lolos-masuk-tol-polisi-akan-perketat-pengawasan
Foto Ilustrasi. Pengawasan polisi terkait pelat nomor kendaraan yang tak sesuai kebijakan ganjil genap di pintu masuk gerbang tol. (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Kepolisian akan memperketat pengawasan pelat nomor kendaraan yang tak sesuai kebijakan ganjil genap (gage) di pintu masuk gerbang tol selama pelaksanaan arus mudik Lebaran 2022 ini.

Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, hal itu dilakukan karena masih banyak pengguna jalan yang melanggar aturan ganjil genap.

Terkait pelanggaran itu, pihaknya tidak akan melakukan sanksi tilang. Namun, kendaraan berpelat nomor tak sesuai kebijakan ganjil genap akan dikeluarkan dari jalan tol dan diarahkan ke jalan arteri.

"Ketika ada kendaraan mau masuk (tol) misalnya ini adalah tanggal genap ada pelat nomor ganjil maka kita akan memberikan himbauan memberikan kesempatan untuk melewati jalur non tol atau arteri," kata Ramadhan kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Sementara itu, menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo pihaknya memastikan kendaraan yang tidak sesuai aturan ganjil genap akan dikeluarkan dari jalan tol di pintu keluar terdekat.

Baca Juga: Fakta Kemacetan Mudik di Tol Jakarta-Cikampek hingga Ganjil Genap dan One Way Mulai Sore Ini

“Kendaraan yang tidak sesuai tanggal akan kami keluarkan ke pintu tol terdekat,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Untuk diketahui, rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap di jalan tol telah berlaku sejak Kamis (28/4) kemarin.

Adapun lokasi dan jadwal penerapan sistem one way dan ganjil genap:

Arus Mudik

Jumat 29 April 2022

Mulai pukul 07.00-24.00 WIB dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 gerbang Tol Kalikangkung



Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x