Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Pantau Arus Mudik Tol Jakarta-Cikampek: Kendaraan Meningkat tapi Tidak Ada Kemacetan

Kompas.tv - 29 April 2022, 01:17 WIB
kapolri-pantau-arus-mudik-tol-jakarta-cikampek-kendaraan-meningkat-tapi-tidak-ada-kemacetan
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memantau arus mudik di tol Jakarta-Cikampek, Kamis (28/4/2022). (Sumber: YouTube Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau langsung arus mudik di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 47, Kamis (28/4/2022) malam WIB.

Dalam pantauannya tersebut, Kapolri menyampaikan bahwa jumlah dan arus kendaraan yang melintas mulai mengalami peningkatan.

Namun dilaporkan tidak ada kemacetan berarti yang terjadi hingga saat ini.

"Baru saja kami melakukan kontrol untuk mengetahui secara langsung kebijakan terkait dengan one way yang mulai diberlakukan dari tadi sore pukul 17.00 WIB," kata Kapolri.

"Tadi kami lihat, dari laporan dan pengecekan langsung di lapangan, pada area yang sudah masuk one way, walaupun arusnya terus meningkat, sampai sekarang kemacetan masih bisa dihindari," imbuhnya.

Dia pun berharap, kebijakan one way (satu arah) yang diberlakukan akan bisa mengurai kemacetan saat arus puncak mudik Lebaran yang diprediksi terjadi Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Berikut Sejumlah Persiapan Korlantas Polri untuk Antisipasi Macet di Puncak Mudik Lebaran 2022

"Tentunya ini akan kami terus evaluasi dan harapannya pada puncak arus mudik yang kami perkirakan akan terjadi kemacetan yang luar biasa, tentunya dengan rekayasa one way ini bisa mengurai dan membuat masyarakat yang kembali mudik nyaman," ucapnya.

Kapolri menambahkan, sudah ada 52.000 kendaraan yang melintas di tol Jakarta-Cikampek KM 47 dengan tiap jamnya mencapai 5.000 kendaraan.

Jumlah tersebut dipastikan akan bertambah karena puncak arus mudik baru akan terjadi pada hari Jumat.

Sebelumnya, pemerintah telah merilis prediksi terkait waktu puncak arus mudik pada Lebaran 2022.

Berdasarkan hasil survei, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022 dan arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei 2022. 

Baca Juga: Ganjar Pranowo Lepas 6.000 Peserta Mudik Gratis Warga Jawa Tengah di TMII, Jakarta

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x