Kompas TV cerita ramadan amalan

Akhir Ramadan, Perbanyak 4 Aktivitas Sunah Nabi agar Menambah Pahala

Kompas.tv - 28 April 2022, 18:48 WIB
akhir-ramadan-perbanyak-4-aktivitas-sunah-nabi-agar-menambah-pahala
Ilustrasi orang berdoa. Berikut ini merupakan amalan Ramadan di akhir-akhir bulan suci ini agar menambah pahala. (Sumber: Unsplash/@masjidmpd)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seiring akhir Ramadan yang sudah dekat dan tinggal menghitung hari, ada aktivitas Nabi yang baiknya jangan ditinggalkan di 10 hari terakhir Ramadan 1443 Hijriah. Amalan-amalan ini untuk meningkatkan pahala Ramadan berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW.

Hadis Nabi Muhammad adalah salah satu sumber utama hukum Islam. Sedangkan mengikuti beliau adalah perkara sunah yang baiknya diperbanyak, apalagi di bulan Ramadan.

Untuk itulah, selama bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan. Apalagi ketika kita akan segera ditinggalkan bulan suci ini. 

Dikutip dari Tuntunan Puasa Ramadan yang diterbitkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, berikut ini empat amalan untuk meningkatkan pahala kita di Bulan Ramadan ini. 

Amalan Meningkatkan Pahala di Akhir Ramadan

Pertama, Memperbanyak Qiyamul-Lail

Qiyamul Lail artinya ibadah di malam hari. Ini bisa mulai dari salat tarawih hingga salat tahajud. Hal ini berdasarkan hadis dari Nabi Muhammad SAW tentang Ramadan

Artinya: “Dari Abu Hurairah r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw menganjurkan (salat) qiyami Ramadan kepada mereka (para shahabat), tanpa perintah wajib. Beliau bersabda: Barangsiapa mengerjakan (salat) qiyami Ramadan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.” [HR. alBukhari dan Muslim].

Baca Juga: Pengertian, Tata Cara dan Niat Iktikaf di 10 Hari Terakhir Ramadan

Kedua, Mentadabburi Al-Qur'an

Tadabbur Al-Qur'an bermakna tak sekadar membaca Al-Qur'an belaka, tetapi lebih dari itu. Yakni berusaha untuk memahami dan menelaah ayat-ayat Al-Qur'an. Caranya? Bisa dengan membaca tafsir-tafsir Al-Qur'an maupun membaca hikayat Asbabun Nuzul, atau cerita maupun hikmah di balik turunnya Al-Qur'an tersebut. 

Untuk itulah, para ulama mengajarkan untuk tidak hanya sekadar membaca Al-Qur'an semata, tapi juga memamahi ayat-ayat-Nya agar semata kita lebih memahami Islam dengan lebih mendalam. 

Baca Juga: Tips Mengkhatamkan Al-Qur'an di 15 Hari Terakhir Ramadan

Ketiga, Memperbanyak Sedekah

Artinya: “Dari Ibnu Abbas r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.” [Muttafaq ‘Alaih].

Keempat, Kian Mendekatkan Diri kepada Allah

Cara mendekatkan diri kepada Allah di akhir Ramadan ini salah satunya dengan cara iktikaf di masjid. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad tentang aktivitas sunah yang beliau lakukan. 

Artinya: “Dari Ibnu Umar r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan.” [Muttafaq ‘Alaih].

Itulah amalan-amalan yang bisa dilakukan di akhir-akhir Ramadan ini. Semoga bermanfaat.

Amin.

Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x