Kompas TV regional peristiwa

H-4 Lebaran, Pemudik Motor Mendominasi Jalur Pantura Sejak Pagi

Kompas.tv - 28 April 2022, 12:15 WIB
h-4-lebaran-pemudik-motor-mendominasi-jalur-pantura-sejak-pagi
Jurnalis Kompas TV Muhammad Syahri Romodhon melaporkan Jalur Pantura sudah mulai dipadati pemudik pada H-4 Lebaran atau Kamis (28/4/2022). (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jalur Pantura, Kota Cirebon, Jawa Barat sudah mulai dipadati pemudik pada H-4 Lebaran atau Kamis (28/4/2022).

Menurut pemantauan Jurnalis Kompas TV Muhammad Syahri Romodhon kepadatan kendaraan di jalur tersebut telah berlangsung sejak pagi tadi. 

Bahkan kata Syahri, di beberpa titik, antrean kendaraan terlihat mencapai hingga 3 kilometer.

"Ada beberapa hambatan-hambatan yang berlangsung di jalur utama Pantura sehingga kemacetan dan kepadatan untuk arus mudik pada hari ini terpantau sangat panjang sekitar 2-3 km di beberapa titik," kata Syahri.  

Lebih lanjut, dia menuturkan, pemudik yang membanjiri jalur Pantura ini didominasi oleh pengendara sepeda motor.

Rata-rata sepeda motor yang melintas, lanjut dia berplat nomor luar daerah Cirebon. 

"Pada hari ini dan kemarin, kami memantau dominasi 60-70 persen kendaraan roda dua, dan sebagian besar merupakan pemudik dengan plat nomor luar daerah Cirebon," jelasnya. 

Baca Juga: Cegah Kemacetan, Pemudik Diminta Tidak Berhenti di Bahu Jalan Tol

Meski demikian, selain sepeda motor, terdapat juga beberapa kendaraan roda empat dan kendaraan besar yang melintas di jalur Pantura tersebut.

"Tidak hanya sekedar kendaraan roda dua, ada beberapa kendaraan pemudik roda empat yang memilih perjalanan mudik melalui jalur Pantura," ujarnya.

"Selain itu, terdapat juga beberapa kendaraan besar yang juga melintas di jalur ini, sehingga ini membuat kepadatan," imbuh dia.

Di sisi lain, untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi, pihak kepolisian telah menutup sejumlah titik putar balik di Cirebon.

"Kepolisian Kota Cirebon maupun Polresta Cirebon sudah melakukan penutupan titik putar balik secara maksimal. Dari total 170 titik, 100 di antaranya sudah berhasil ditutup," ungkap Syahri. 

"Ini upaya untuk memperlancar arus mudik sehingga tidak terjadi hambatan-hambatan yang dimungkinkan disebabkan oleh pengendara yang akan memotong jalur arus mudik ini," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, dia juga mengimbau kepada pemudik untuk menurunkan kecepatan saat melintas di beberapa titik di Kota Cirebon. 

"Hal ini dikarenakan, kami melihat pada saat kendaraan melaju sangat kencang mereka kesulitan mengendalikan kendaraannya di lampu merah tertentu," ucap dia.

Baca Juga: Pemudik Padati Pelabuhan Ketapang Banyuwangi di Malam Hari



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x