Kompas TV regional berita daerah

Bawang Dayak Pahit Diolah Jadi Jelly Herbal Manis

Kompas.tv - 28 April 2022, 11:28 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Mahasiswa di Kota Surabaya Jawa Timur mampu membuat jelly herbal dari bawang dayak. Inovasi olahan pangan herbal itu kaya antioksidan sehingga baik untuk kesehatan.

Inilah jelly drink atau agar-agar yang terbuat dari bahan baku tanaman obat herbal asli Kalimantan, yakni bawang dayak. Inovasi olahan herbal itu dikembangkan oleh Berliana Yusup, mahasiswa Program Kekhususan Bionutrisi dan Inovasi Pangan, Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya.

Ide pembuatan jelly herbal itu berawal dari banyaknya tanaman bawang dayak di daerah asalnya Kalimantan yang kurang diolah secara optimal. Berliana kemudian mencoba menginovasikan bawang dayak bercita rasa pahit menjadi olahan jelly bercita rasa manis.

Baca Juga: Siswa SMA Meneliti Okra dan Kunyit Sebagai Bahan Obat Herbal

Setelah mencoba berkali-kali, ia akhirnya sukses membuat jelly herbal yang disukai oleh semua kalangan, terutama anak anak.

Pembuatannya terbagi dalam beberapa tahapan, dimulai dari mengupas, mengeringkan dan merendam bawang dayak dengan etanol 96 persen. Lalu uap dengan rotary evaporator hingga terjadi pengekstrakan dan pembentukan sebagai jelly.

100 gram jelly drink bawang dayak memiliki antioksidan yang setara dengan 11,06 miligram vitamin C, sehingga baik untuk menjaga imun tubuh.

 

#Jelly #Herbal #BawangDayak #Mahasiswa #UniversitasSurabaya




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x