Kompas TV nasional hukum

Terjaring OTT KPK, Bupati Bogor Ade Yasin Resmi Tersangka bersama 4 Pegawai BPK dan Sejumlah ASN

Kompas.tv - 28 April 2022, 03:26 WIB
terjaring-ott-kpk-bupati-bogor-ade-yasin-resmi-tersangka-bersama-4-pegawai-bpk-dan-sejumlah-asn
Empat pegawai Badan pemeriksa Keuangan (BPK) tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama AY, Bupati Bogor periode 2018-2023. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Empat pegawai Badan pemeriksa Keuangan (BPK) tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Ade Yasin, Bupati Bogor periode 2018-2023.

Ketua KPK Firli Bahuri, mengatakan, pihaknya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada Selasa (26/4/2022) hingga Rabu pagi (27/4) di wilayah Kabupaten Bogor dan Bandung.

Dalam kegiatan itu, KPK mengamankan 12 orang salah satunya AY yang merupakan Bupati Bogor. Bupati Bogor tersebut ditangkap bersama 11 orang lainnya seperti IA (Kasubdit Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor), MA (sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bogor), RT (PPK pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor), RF (Kasubag Keuangan Setda Kabupaten Bogor), EK (Kepala BPKAD Kabupaten Bogor), AR (Sekretaris BPKAD Kabupaten Bogor), serta HN (staf BPKAD Kabupaten Bogor).

Sementara empat pegawai BPK yang tertangkap tangan adalah ATM pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat Kasub Auditorat Jabar 3, AM (pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/Ketua Tim Audit Intrim Kabupaten Bogor), GGTR (pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat/pemeriksa), dan ANRK (pegawai BPK perwakilan Jawa Barat) sebagai pemeriksa.

Kronologis OTT Bupati Bogor

Firli menjelaskan kronologis penangkapan kedua belas orang tersebut. Menurutnya, pihaknya menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan adanya pemberian uang dari Bupati Bogor melalui orang kepercayaannya kepada anggota tim audit BPK perwakilan Jawa Barat.

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Bupati Bogor Ade Yasin dan 11 ASN Jalani Pemeriksaan Secara Maraton

“Tim KPK bergerak untuk melakukan upaya-upaya dalam rangka penyelidikan perkara tersebut,” jelasnya dalam konferensi pers, Kamis dinihari (27/4).

“Selasa, 26 April 2022, tim ke lapangan menuju salah satu hotel di Bogor. Namun, setelah para pihak menerima uang, mereka kembali ke daerahnya, Bandung Jawa barat.”

Tim KPK kemudian membagi tugas, ada yang berangkat ke Bandung dan ada juga yang mencari bukti terkait tindak pidana dugaan perkara korupsi.

Tim KPK selanjutnya mengamankan empat pegawai BPK perwakilan Jawa Barat yang saat itu sedang berada di kediamannya masing-masing

“Pada saat itu juga dilakukan penangkapan di Bandung, Rabu (27/4/2022) pagi. Tim juga mengamankan Bupati Bogor di rumahnya,” lanjut Firli.

Selanjutnya,  pihak-pihak lain, termasuk pejabat dan ASN Pemkab Bogor, diamankan di tempat tinggal masing-masing.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x