Kompas TV cerita ramadan amalan

Bacaan Doa Hari ke-25 Puasa Ramadan, Arab Latin dan Terjemahan

Kompas.tv - 27 April 2022, 05:15 WIB
bacaan-doa-hari-ke-25-puasa-ramadan-arab-latin-dan-terjemahan
Ilustrasi orang berdoa, berikut ini merupakan bacaan doa Ramadan hari ke-25 (Sumber: Unsplash/@masjidmpd)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan doa yang bisa panjatkan oleh kaum Muslimin yang berpuasa di hari ke-25 Ramadan 1443 H.

Umat Islam di Indonesia kebanyakan memulai puasa 1 Ramadan pada hari Minggu 3 April 2022 berdasarkan keputusan soal sidang Isbat yang dikeluarkan pemerintah pada hari Jumat, 1 April 2022.

Hari ke-25 Ramadan ini memiliki arti penting, yakni sebuah hari ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadan yang penuh barakah. Kita pun bisa meniru sunah Nabi ketika Ramadan di 10 hari terakhir ini. 

Rasulullah ketika memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan lebih menggiatkan diri untuk beribadah kepada-Nya. 

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Bukhari).

Sebagaimana hadis di atas, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meneladani beliau di akhir-akhir Ramadan ini. 

Mulai dari  memperbanyak baca Al-Qur'an, bersedekah dan beriktikaf di masjid untuk mendapatkan lailatulqadar di 10 hari terakhir Ramadan. Apalagi, masih ada beberapa hari lagi untuk kita bisa memaksimalkan barakah di bulan suci ini. 

Lantas, kapan dibaca doa Ramadan ini?

Doa ini bisa dibaca usai salat lima waktu, pada pagi hari usai subuh atau dibaca usai tarawih sebagai upaya untuk mendapatkan barakah di bulan suci Ramadan 1443 H.

Dikutip dari Pendidikan Islam Kementerian Agama, berikut ini merupakan doa hari ke-25 Ramadan. Sebagaimana isi doa tersebut, diharapkan dengan membaca doa ini kita dapat istikamah mengikuti Nabi dan sunah-sunah beliau.

Baca Juga: Pengertian, Tata Cara dan Niat Iktikaf di 10 Hari Terakhir Ramadan

Doa Hari ke-25 Puasa Ramadan

Doa hari ke-25 Ramadan yang bisa dipanjatkan saat berpuasa (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Allâhummaj’alnî fîhi muhibban li awliyâika wa mu’âdiyan lia’dâika mustanan bisunnati khâtami anbiyâika yâ ‘âsima qulûbinnabiyyîn Artinya :

Artinya: ”Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini lebih mencintai para wali-Mu dan memusuhi musuh-musuh-Mu. Jadikanlah aku pengikut sunnah Nabi penutup-Mu. Wahai, Dzat yang menjaga hati para Nabi. 

Semoga Allah SWT memberi berkah bagi puasa kita di bulan suci ini. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x