Kompas TV nasional peristiwa

Pantura dan Tol Padat, Polisi Rekomendasikan Pemudik Lewat Jalur Selatan Jawa

Kompas.tv - 26 April 2022, 14:06 WIB
pantura-dan-tol-padat-polisi-rekomendasikan-pemudik-lewat-jalur-selatan-jawa
Ilustrasi: Sejumlah pemudik yang mengendarai sepeda motor mulai memadati jalur Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit yang jadi akses menuju Jalur Pantura, Sabtu (23/4/2022). (Sumber: Tribun Jakarta/Bima Putra)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS. TV – Kepala Polisi Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi merekomendasikan pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya melewati jalur selatan Jawa. Hal ini untuk menghindari kepadatan kendaraan di Jalur Pantai Utara (Pantura) dan tol.

“Jalur sudah siap,(hingga kini) belum ada peningkatan arus yang fluktiatif. Kami himbau masyarakat untuk gunakan jalur selatan selain jalur tol dan pantura,” ungkap Kapolda dihadapan media, Selasa (26/4/2022).

Kapolda menyampaikan itu pada saat mengecek Jalur Mudik di Jalur Selatan Jateng. Dia ingin memastikan kesiapan jalur selatan propinsi Jateng yang digunakan sebagai alternatif jalur arus mudik dan balik lebaran tahun 2022.

Baca Juga: Terpantau Jalur Utama Pantura Dipadati Pemudik Motor, Antrean Kendaraan Hingga 1 Km

Didampingi Dirlantas dan sejumlah PJU Polda Jateng, Kapolda menyusuri jalur di sepanjang Cilacap hingga kebumen.

Dalam keterangan pers di Kebumen, Kapolda menyatakan jalur selatan siap digunakan sebagai jalur alternatif saat arus mudik lebaran.

Ahmad Luthfi juga menyampaikan secara umum, pos pengamanan  di seluruh polda jawa tengah sudah tergelar dan siap mengamankan  arus mudik maupun arus balik.

Baca Juga: Antipasi Kemacetan Saat Mudik, Ganjar Pranowo : Sudah Ada 3 Jalur Alternatif yang Disiapkan

“Untuk personil pengamanan di sepanjang jalur selatan juga telah siap insert di Pospam masing-masing. Agar dalam pelaksanaan tugas tetap berpedoman pada penerapan protokol kesehatan,” ujarnya

Ditambahkan, pemudik dari Jakarta yang mudik ke kampung halaman  bisa menggunakan jalur selatan sebagai jalur alternatif.

 “Terutama apabila jalur-jalur di tengah kota mengalami kepadatan bisa mengalihkan rute perjalanan ke jalur selatan,”tuturnya.

Baca Juga: Tempat Putar Balik Kendaraan Jalur Pantura Mulai Hari Ini Ditutup Secara Bertahap

Dirinya menghimbau para pemudik agar selalu berhati-hati terutama saat melintas di malam hari karena lampu penerangan masih minim.

“Tetap jaga kecepatan dan jaga kewaspadaan. Jangan  terlena, apalagi pemandangan jalur selatan yang sangat bagus. Semoga perjalanan mudiknya menyenangkan dan bisa merayakan lebaran bersama keluarga,” kata Kapolda.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x