Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ditinggal Pemiliknya Mudik, Kucing Bisa Staycation di Cat Shop

Kompas.tv - 25 April 2022, 08:17 WIB
ditinggal-pemiliknya-mudik-kucing-bisa-staycation-di-cat-shop
Seekor kucing berada di tempat jasa penitipan cat shop dan hotel kucing Casa Zunala, Banda Aceh, Aceh, Minggu (24/4/2022). (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Momen mudik Lebaran, menjadi berkah tersendiri bagi pengusaha jasa penitipan kucing di Banda Aceh. Adalah Haqqul Mubin, pemilik tempat penitipan kucing atau cat shop yang mendapatkan cuan berlipat mendekati lebaran.

Seminggu sebelum lebaran, fasilitas "hotel" kucing yang milikinya sudah penuh. Lantaran para pemilik kucing sudah mudik ke kampung halaman.

“Seminggu menjelang lebaran rata-rata cat shop di Aceh penuh untuk hotelnya. Di Banda Aceh ada sekitar 40-an cat shop,” kata Haqqul yang memiliki cat shop Casa Zunala, seperti dikutip dari Antara.

Karena tidak mungkin membawa kucingnya mudik, para pemilik menitipkannya ke Casa Zunala untuk staycation selama mereka pergi. Casa Zunala sendiri terletak di Jalan AMD No 17 Desa Cot Masjid, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Baca Juga: Menhub: Mekanisme Tol Gratis Akan Diatur Kakorlantas Polri sebagai Ketua Kelas

“Karena rata-rata orang di Banda Aceh, orang yang merantau dari daerah. Ketika pulang kampung untuk Lebaran, sudah pasti kucing tidak dibawa pulang, tetapi dititipkan,” ujar Haqqul.

Di hari libur biasa, seperti akhir pekan, cat shop milik Haqqul memang biasanya lebih ramai. Namun di momen mudik lebaran ini hingga beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri, Casa Zunala kebanjiran penghuni.

“Total kamar hotel kucing di sini ada 15 kamar, dan Alhamdulillah penuh. Dari 28 Maret sampai selesai libur lebaran nanti, itu sudah ada yang booking semua,” katanya.

Baca Juga: Pelabuhan Bakauheni Masih Sepi, ASDP Imbau Warga Mudik Lebih Awal

Pantas berapa biaya staycation kucing di Casa Zunala? Haqqul menyebut, tarif penitipan adalah Rp30.000 per hari. Namun belum termasuk biaya lain-lain seperti makan dan mandi.

Agar kucing tidak stres, Haqqul juga membiarkan kucing bermain bebas di ruangan luar kandang. Setiap hari mereka punya jatah 40 menit bebas dari kurungan. Kucing dilepas satu per satu untuk mencegah potensi berkelahi sesama kucing lain.

“Kecuali kucing sudah duluan satu rumah. Misalnya ada owner punya empat ekor kucing, terus dititipkan sekalian ke kita, itu baru kita lepaskan sekalian,” ucap Haqqul.

Baca Juga: Tata Cara Salat Lailatulqadar, Niat, dan Waktu Pelaksanaannya

Di hari-hari biasa, Casa Zunala memiliki omzet sekitar Rp20-30 juta per bulan. Saat momen seperti ini atau libur natal-tahun baru, jumlah itu bisa naik hingga menjadi Rp40 juta.

“Omzet naik hingga 35 persen dari bulan biasanya. Lebaran ini Insya Allah naik juga. Kalau omzet kita sudah keseluruhan, penitipan dan penjualan segala perlengkapan di cat shop,” tuturnya.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x