Kompas TV nasional sosial

Hari Terakhir, Buruan Daftar Mudik Gratis Kemenhub Tahap Kedua dengan Kuota 10.080 Penumpang

Kompas.tv - 24 April 2022, 05:05 WIB
hari-terakhir-buruan-daftar-mudik-gratis-kemenhub-tahap-kedua-dengan-kuota-10-080-penumpang
Arsip - Sejumlah calon pemudik pengguna bus berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Selasa, 18 Mei 2021. (Sumber: ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/aa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka kuota untuk pendaftaran mudik gratis sejak 18 April 2022 kemarin. Pendaftaran akan ditutup pada Minggu, 24 April 2022, bagi masyarakat yang berminat diimbau untuk segera mendaftar.

Sebelumnya diberitakan Kemenhub telah membuka mudik gratis tahap pertama dengan kuota 10.500 penumpang hingga 10 April 2022. Banyaknya animo masyarakat yang mendaftar, membuat Kemenhub membuka kembali program mudik gratis ini.

Pada program mudik gratis dari Kemenhub yang telah memasuki tahap kedua sebanyak 10.080 kuota disediakan. Terdapat beberapa syarat untuk mengikuti program ini.

Baca Juga: PT KAI Berangkatkan 26 Kereta Api Jarak Jauh Hingga Keramaian di Terminal Pulogebang

Syarat Mudik Gratis Kemenhub 2022

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK (Kartu Keluarga).
  • Bukti sudah vaksinasi lengkap atau vaksinasi booster dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi.
  • Pemudik yang baru mendapatkan vaksin dosis kedua wajib membawa hasil tes antigen maksimal 1x24 jam atau PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan, sedangkan pemudik yang baru menerima vaksin dosis pertama wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3x24 jam sebelum pemberangkatan.
  • Pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus dapat membawa bukti hasil tes PCR 3x24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 pada saat pemberangkatan.
  • Penumpang anak-anak wajib menyerahkan dokumen Kartu Keluarga (KK).

Para peserta diwajibkan mengunduh aplikasi PeduliLindungi dalam program mudik gratis Kemenhub 2022 ini. Bagi pengguna ponsel Android bisa mengunduh melalui PlayStore, sementara pengguna iPhone bisa melalui App Store.

Selanjutnya para peserta juga harus menaati protokol kesehatan yang berlaku seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Baca Juga: Kemenhub dan Pelni Buka Mudik Gratis buat Pengguna Motor, Kuota di Tanggal 26 April Masih Lowong

Cara Dapat Tiket Mudik Gratis Kemenhub Tahap Kedua

Kunjungi link daftar mudik gratis 2022 tahap kedua di https://mudikgratis.dephub.go.id, melalui browser di laptop atau ponsel.

- Pilih moda transportasi bus.

- Pilih jumlah penumpang, maksimal untuk 4 orang.



Sumber : Kemenhub/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x