Kompas TV cerita ramadan panduan

Jangan Khawatir Kehabisan BBM saat Mudik Lebaran, Ini Daftar SPBU di Tol Trans Jawa

Kompas.tv - 23 April 2022, 05:50 WIB
jangan-khawatir-kehabisan-bbm-saat-mudik-lebaran-ini-daftar-spbu-di-tol-trans-jawa
Ilustrasi masyarakat membeli Pertalite di SPBU. (Sumber: Antara )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jangan khawatir akan kehabisan bahan bakar minyak (BBM) saat perjalanan mudik Lebaran 2022. PT Pertamina (Persero) telah menyiagakan penyaluran BBM khususnya yang berada di Tol Trans Jawa jelang mudik Lebaran.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Dwi Puja Ariestya mengatakan, hal itu untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran yang diperkirakan akan berlangsung pada 27 April hingga 1 Mei 2022.

Pihaknya menyiapkan sejumlah layanan stasiun pengisi bahan bakar umum (SPBU) di jalur Tol Trans Jawa.

Baca Juga: Syarat Lengkap Mudik 2022 bagi yang Pakai Mobil Pribadi, jika Belum Divaksin Booster Bagaimana?

"Ada 7 lokasi SPBU reguler yang tersedia di Tol Trans Jawa antara KM 252 hingga KM 519. 3 SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya) yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519," ujar Dwi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/04/2022).

Sementara 4 SPBU lainnya di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), yaitu di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260.

Bukan hanya itu, menurut Dwi, layanan pengisian tambahan disiapkan di beberapa titik tempat istirahat atau rest area lain, berupa 8 unit Pertashop dan 1 unit SPBU modular.

"5 di antaranya di Ruas Tol A yaitu di KM 252, KM 275, KM 338, KM 456, dan KM 519. Sementara 4 titik lainnya di Ruas Tol B, tepatnya di KM 519, KM 456, KM 294, dan KM 282," tambahnya.

Pertamina, lanjut Dwi, juga menyiapkan mobil siaga atau mobil yang membawa BBM kemasan apabila ada pemudik yang kehabisan BBM di tengah jalan tol.

"Ada 3 Mobil Siaga yang disiapkan di 3 titik yaitu di pintu keluar tol Tegal, pintu keluar tol Kaliwungu, dan pintu keluar tol Ngemplak, Gondangrejo," ungkapnya.

Baca Juga: Pengecekan Kesiapan Kereta Api Jelang Mudik Lebaran

Sementara Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menuturkan, Pertamina akan menambah stok BBM di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan permintaan.

"Mobil tangki tersebut disebut dengan istilah SPBU kantong," ucap Brasto.

Sebanyak 57 mobil tangki disiapkan di 57 SPBU baik di Tol Trans Jawa maupun di luar Tol Trans Jawa, utamanya di lokasi-lokasi yang ramai konsumen baik itu di Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta.



Sumber : Gridoto.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x