Kompas TV nasional berita utama

Larangan Ekspor Minyak Goreng Disebut Rugikan Petani Kecil dan Justru Untungkan Pengusaha Besar

Kompas.tv - 22 April 2022, 20:55 WIB
larangan-ekspor-minyak-goreng-disebut-rugikan-petani-kecil-dan-justru-untungkan-pengusaha-besar
Ilustrasi minyak goreng curah. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keputusan Presiden Joko Widodo yang melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng mulai Kamis, 28 April 2022 dianggap merugikan petani kecil dan mendorong lonjakan harga.

Untuk itu, pemerintah diminta mengkaji kembali pelarangan ekspor minyak goreng dan bahan bakunya.

Demikian diungkapkan anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Deddy Yevri Hanteru Sitorus dalam keterangannya sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (22/4/2022).

"Karena ujungnya, kebijakan tersebut bisa merugikan petani kecil dan mendorong lonjakan harga, termasuk produk turunan seperti minyak goreng," kata Deddy.

Menurut Dedi, keputusan pemerintah melakukan moratorium ekspor crude palm oil (CPO) dan minyak goreng akan tepat apabila dilakukan dalam jangka waktu pendek.

Baca Juga: Jokowi Larang Ekspor Bahan Baku Minyak Goreng dan Minyak Goreng Mulai 28 April 2022

Tetapi jika tidak, lanjutnya, ini bisa merusak industri CPO secara keseluruhan dan industri minyak goreng serta merugikan petani-petani kecil yang ada di pedalaman.

“Terutama petani sawit kecil, pemilik lahan sawit sedang, dan pemilik kebun sawit yang tidak memiliki pabrik pengolahan CPO, refinery atau pabrik minyak goreng,” ucapnya.

“Perlu diingat bahwa sekitar 41 persen pelaku industri sawit adalah rakyat kecil. Jadi ini menyangkut jutaan orang dan mereka yang pertama akan menderita akibat kebijakan tersebut," tambahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x