Kompas TV nasional sosial

Menkominfo: Perempuan Jadi Pilar Utama Pertumbuhan UMKM

Kompas.tv - 22 April 2022, 04:49 WIB
menkominfo-perempuan-jadi-pilar-utama-pertumbuhan-umkm
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong penerapan teknologi big data, artificial intelligence hingga metaverse di industri media. (Sumber: Antara)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut perempuan memiliki peran yang besar pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Johnny, partisipasi perempuan saat ini, terutama dalam bidang wirausaha digital, tidak lepas dari perjuangan Raden Ajeng Kartini.

Baca Juga: Beri Bantuan untuk Pelaku UMKM Rp1,2 Juta, Jokowi: Jangan Buat Belanja Lebaran

"Berbagai capaian perempuan dalam UMKM Indonesia bukti nyata bahwa perjuangan Raden Ajeng Kartini tidak sia-sia," kata Johnny, Kamis (21/4/2022).

"Apabila kita telisik lagi, tidak dapat dipungkiri banyak Kartini-Kartini modern dengan inspirasi dari Raden Ajeng Kartini, figur perempuan yang telah mengisi sejarah negara ini."

Johnny menuturkan perempuan memiliki peran yang lentur terutama di Indonesia karena bisa menjadi ibu rumah tangga sekaligus pekerja.

Karena itu, Johnny menilai perempuan dapat dikatakan sebagai pilar utama dalam pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Anggarkan Rp16 Triliun untuk Pengadaan Barang dan Jasa dari Sektor UMKM

"Dapat dikatakan (perempuan) sebagai pilar utama dalam pertumbuhan bisnis UMKM, termasuk ultra mikro dengan kontribusi sebesar 60 persen dari total 58 juta UMKM di Indonesia," ujar Johnny.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x